AP II Mulai Realisasikan Grand Design Bandara Soetta

AP II Mulai Realisasikan Grand Design Bandara Soetta
AP II Mulai Realisasikan Grand Design Bandara Soetta
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) mulai menggarap proyek pengembangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sejumlah pekerjaan fisik tahap awal dalam rangka realisasi Grand Design Soekarno-Hatta tengah dilakukan saat ini.

Pekerjaan-pekerjaan itu meliputi pelebaran akses utama (P1 dan P2) dari menuju terminal penumpang, penambahan apron, membuat high speed rapid exit taxyway, serta menambah kapasitas boarding lounge Terminal 1A dan 1B. ”Ini adalah bagian dari program jangka pendek perealisasian grand design yang dilakukan pada tahun 2011 dan 2012, yaitu membangun sarana-sarana penunjang pelaksanaan pengembangan Soekarno-Hatta," kata Direktur Utama Angkasa Pura II Tri S Sunoko usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, di Jakarta, Rabu (8/2).

Menurutnya, pekerjaan pendahuluan itu sebagai persiapan sebelum pengembangan infrastruktur jangka panjang secara total dilakukan. Pengembangan infrastruktur tahap jangka panjang yang dimaksudkan adalah melakukan optimalisasi dua landasan pacu (runway) dan revitalisasi tiga bangunan terminal penumpang yang ada untuk meningkatkan kapasitas baik pergerakan pesawat maupun penumpang.

Optimalisasi landasan pacu akan mendongkrak kemampuan pelayanan sisi udara dari 52 pergerakan per jam menjadi 72 pergerakan per jam. Langkah-langkah yang dilakukan adalah membuat high speed exit taxiway dan taxiway penghubung (east cross connection taxiway) antara Runway 1 dan Runway 2 pada sisi timur bandara.

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) mulai menggarap proyek pengembangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sejumlah pekerjaan fisik tahap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News