JPNN.com

Apa itu News Bargaining Code, Penyebab Facebook Batasi Konten Berita di Australia?

Minggu, 21 Februari 2021 – 21:00 WIB
Apa itu News Bargaining Code, Penyebab Facebook Batasi Konten Berita di Australia? - JPNN.com
Kode etik yang sedang digagas diharapkan mengatasi ketidakseimbangan dari pendapatan iklan perusahaan besar teknologi dengan perusahaan media di Australia. (Unsplash: NeONBRAND)

Facebook telah membatasi penggunanya di Australia untuk mendapatkan konten-konten berita dari dalam dan luar negeri.

Kamis kemarin (18/01), pengguna Facebook di Australia sudah tidak lagi melihat konten berita di 'NewsFeed' atau linimasa mereka.

Akun-akun Facebook milik perusahaan media dan penerbit konten berita juga tidak dapat diakses, termasuk halaman Facebook ABC Indonesia.

Langkah yang diambil Facebook untuk tidak lagi menayangkan konten berita di Australia adalah sebagai tanggapan atas gagasan Pemerintah Australia untuk meloloskan undang-undang 'News Media Bargaining Code'. Apa itu News Bargaining Code, Penyebab Facebook Batasi Konten Berita di Australia?

 

Apa itu 'News Media Bargaining Code'?

Pada 20 April 2020 Pemerintah Australia telah meminta Komisi Persaingan Usaha dan Pelanggan (ACCC) untuk mengembangkan kode etik yang sifatnya wajib untuk mengatasi "ketidakseimbangan" daya tawar bisnis media pemberitaan dengan platform digital, seperti Google dan Facebook.

Rancangan Undang-undang tersebut mulai diperkenalkan kepada Parlemen Australia pada 9 Desember tahun lalu.

Pemerintah Australia mengatakan rancangan UU tersebut menjadi yang pertama di dunia mengatur soal kegiatan bisnis perusahaan teknologi besar, seperti Google dan Facebook.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...