Apen Bayeren Jadi Atraksi Unggulan di Festival BMW 2017 Biak

Apen Bayeren Jadi Atraksi Unggulan di Festival BMW 2017 Biak
Festival Biak. Foto: Humas Kemenpar

jpnn.com, BIAK - Nirmala Beach Hotel, Biak, Papua mendadak penuh dan sesak. Ribuan orang hadir di hotel tempat pembukaan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2017 tersebut.

Ya, para wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) ingin menyaksikan salah satu kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Biak.

”Kami sudah memprediksi memang bakal penuh, karena ini memang atraksi yang diunggulkan oleh kami, sangat ekstrem dan menarik, silahkan bagi yang belum pernah lihat atraksi ini, kunjungi Biak,” kata Bupati Biak, Thomas Alfa Edison.

Thomas menjelaskan, Tanah Papua terutama Biak tidak hanya memiliki kekayaan alam yang melimpah, tetapi juga kaya akan bahasa daerah, seni dan budaya.

”Kami akan berusaha menjaga atraksi ini, hingga turun temurun, Apen Bayeren ini merupakan atraksi berjalan di atas batu yang dibakar pada acara barapen (bakar batu),” ujar Thomas.

Hal senada diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti.

Kata Esthy, atraksi ini sudah sangat dikenal para wisatawan dan juga 2017 ini masuk masuk menjadi nominasi kategori sepuluh atraksi budaya terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia 2017.

”Apen Bayeren ini bermula dari adanya kegiatan atau pesta adat yang dilakukan keluarga. Dalam kegiatan atau acara adat tersebut, nenek moyang keluarga mereka kemudian mempersiapkan barapen atau bakar batu yang merupakan ritual memasak bersama-sama warga satu kampung untuk kegiatan syukuran atau pesta adat. Di situlah awal muasal atraksi ini,” kata Esthy yang juga diamini Kepala Bidang Wisata Budaya Asdep Segmen Pasar Personal Kemenpar Wawan Gunawan.

Nirmala Beach Hotel, Biak, Papua mendadak penuh dan sesak. Ribuan orang hadir di hotel tempat pembukaan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2017 tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News