Apindo: Roadmap Zero ODOL Harus Mengadopsi Berbagai Kepentingan Strategis Negara

Apindo: Roadmap Zero ODOL Harus Mengadopsi Berbagai Kepentingan Strategis Negara
Apindo berharap revisi roadmap tersebut sedianya dilakukan dengan stakeholder terkait dapat mengakomodir kepentingan semua pihak. Foto: ANTARA/HO.

jpnn.com, JAKARTA - Apindo menyampaikan sejumlah usulan saat pembahasan roadmap kebijakan zero over dimension dan overload (ODOL) bersama pemerintah dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam usulan tersebut, Apindo berharap revisi roadmap tersebut sedianya dilakukan dengan stakeholder terkait dapat mengakomodir kepentingan semua pihak.

"(Usulan roadmap Apindo) Lebih dalam dari pada roadmap sebelumnya yang disusun kemenhub," kata Pengurus Bidang Kebijakan Publik Apindo, Lucia Karina di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Dia mengatakan usulan tersebut saat ini masih dibahas secara internal. Dia melanjutkan, usulan roadmap Apindo masih belum disampaikan ke kementerian atau lembaga terkait.

Salah satu usulan yang dibahas yakni terkait kelas jalan. Hal ini mengingat ada perbedaan antara kelas jalan tol dan provinsi yang membuat penindakan terhadap angkutan logistik terus terjadi.

Ketua Kebijakan Publik Dewan Pengurus Nasional Apindo, Danang Girindrawardana mengungkapkan bahwa roadmap Zero ODOL harus disusun secara hati-hati dan mengadopsi berbagai kepentingan strategik negara. Dia memaparkan empat kepentingan strategik dimaksud.

Danang menyebutkan, pertama adalah efisiensi biaya logistik. Direktur eksekutif Apindo ini menjelaskan, hal tersebut dilakukan supaya harga produk-produk dapat lebih kompetitif di pasar domestik atau ekspor guna mendorong peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Tingginya biaya logistik juga kerap dikeluhkan pengusaha. Menteri BUMN, Erick Thohir juga sempat mengungkapkan bahwa porsi biaya logistik Indonesia 24 persen dari PDB. Angka ini lebih tinggi dibanding rata-rata dunia sebesar 13 persen. Hal ini mengakibatkan biaya logistik Indonesia kurang bersaing dengan negara lain.

Apindo menyampaikan sejumlah usulan saat pembahasan roadmap kebijakan zero over dimension dan overload (ODOL) bersama pemerintah dan stakeholder terkait lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News