Apotek Tambah Stok Tabung Oksigen Setiap Hari

Apotek Tambah Stok Tabung Oksigen Setiap Hari
Kebutuhan tabung oksigen untuk pasien COVID-19 di Cianjur yang menjalani isolasi mandiri di rumah, meningkat sejak dua pekan terakhir. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Pemilik apotek di Cianjur, Jawa Barat, menambah stok tabung oksigen ukuran kecil yang mengalami peningkatan pemesanan sejak dua pekan terakhir.

"Sejak dua pekan terakhir, penjualan tabung oksigen berukuran kecil mengalami peningkatan hingga 200 persen, di mana biasanya kami hanya menjual 5 tabung naik menjadi 15 tabung per hari. Satu tabung lengkap dijual dengan harga Rp1.400.00," kata Iksan, pemilik apotek di Jalan RSUD Cianjur, Sabtu.

Dia menuturkan seiring tingginya pemakaian tabung oksigen, pihaknya juga menambah pemesanan tabung lengkap dengan alat bantu pernapasan, karena sebagian besar pembeli yang datang ke apotek merupakan keluarga dari pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Sebagian besar apotek di Cianjur mendapat pesanan yang cukup tinggi setiap harinya. Kami juga melayani pengisian ulang oksigen bagi mereka yang membutuhkan, dimana rata-rata satu orang pasien positif dengan gangguan pernapasan membutuhkan dua tabung oksigen setiap harinya," katanya.

Untuk isi ulang tabung oksigen, ujar dia, mengalami peningkatan hingga 400 persen dari hari biasa menjual 5 tabung menjadi 20 tabung setiap harinya, dengan harga Rp65.000 sekali pengisian.

Hingga saat ini, kata dia lagi, meski kebutuhan isi ulang oksigen dan tabungnya cukup tinggi, masih disertai dengan stok yang mencukupi dari tingkat agen atau distributor, sehingga pihaknya menjamin ketersediaan masih sangat mencukupi bagi pasien yang membutuhkan.

Pengelola apotek di Jalan Raya Cibeber Dewi Lastri menyatakan tidak hanya kebutuhan tabung oksigen yang mengalami peningkatan selama pandemi, namun kebutuhan obat-obatan seperti vitamin dan obat lainnya yang dapat meningkatkan imun tubuh juga meningkat cukup tinggi.

"Terlebih sejak dua pekan terakhir, selain kebutuhan tabung oksigen untuk pasien positif yang diisolasi di rumah, penjualan obat-obatan jenis vitamin mengalami peningkatan yang cukup tinggi, setiap harinya puluhan orang mencari oksigen dan vitamin," katanya.

Apotek di Cianjur menambah stok tabung oksigen ukuran kecil yang mengalami peningkatan pemesanan sejak dua pekan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News