Apple Hadirkan Fitur Baru di Pembaruan Sistem iOS 16

Apple Hadirkan Fitur Baru di Pembaruan Sistem iOS 16
Tampilan iOS 16 di iPhone. Foto: Antara/Apple

jpnn.com, JAKARTA - Apple dikabarkan membawa fitur baru di pembaruan sistem operasi iOS 16.4, yakni berupa "voice isolation" untuk panggilan telepon seluler.

Dalam laporan Mac Rumors yang dikutip Rabu, fitur "voice isolation" nantinya akan memblokir kebisingan di sekitar pengguna ketika melakukan panggilan telepon.

iPhone nantinya akan memaksimalkan suara pengguna agar lebih jernih terdengar ketika sedang menelepon temannya.

"Voice Isolation" tersebut nantinya tidak hanya berfungsi ketika pengguna menelepon menggunakan jaringan biasa, tetapi juga ketika menggunakan aplikasi berbasis internet seperti WhatsApp dan FaceTime.

Hal itu menjadi fitur yang menarik mengingat Apple belum menawarkan opsi serupa padahal para pesaingnya yakni Android sudah banyak mengeluarkan fitur itu di banyak ponsel.

Panggilan FaceTime, "voice isolation" nantinya dapat diaktifkan lewat pusat kendali. Pengguna tinggal mengetuk opsi "Mode Mikrofon", dan memilih "Voice Isolation".

Setelah itu maka suara latar yang bising dapat terisolasi dan suara pengguna akan lebih jelas terdengar. Langkah serupa juga bisa diterapkan untuk panggilan suara biasa.

Adapun iOS 16.4 perkirakan akan rilis ke publik dalam waktu dekat dan beberapa fitur lain yang dibawa di antaranya emoji baru, "Push Notifications" untuk aplikasi web, serta perbaikan bug lainnya. (antara/jpnn)


Apple dikabarkan membawa fitur baru di pembaruan sistem operasi iOS 16.4, yakni berupa "voice isolation" untuk panggilan telepon seluler.


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News