Apresiasi Festival Semarapura, Menparekraf Ajak Turis Jadi Rojali

Apresiasi Festival Semarapura, Menparekraf Ajak Turis Jadi Rojali
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) bersama Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika di acara Festival Semarapura. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika atas suksesnya penyelenggaraan pagelaran Festival Semarapura.

"Saya sangat mengapresiasi atas masyarakat Klungkung atas terselenggaranya Festival Semarapura. Klungkung harus bangga karena event ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Pengunjung tumpah ruah memadati jalanan kota dengan penuh suka cita," tutur Sandiaga Uno saat ditemui seusai festival, Jumat (3/5).

Dari data yang tercatat selama 4 hari penyelenggaraan, Festival Semarapura berhasil mendatangkan total hingga 250 ribu pengunjung, artinya ada kurang lebih sekitar 62 ribu pengunjung per hari.

Omzet UMKM hingga Rp 2,3 miliar, artinya setiap UMKM telah terjadi perputaran uang hingga Rp 5,3 juta per hari atau Rp 21 juta selama festival berlangsung.

"Ayo para pengunjung, kita jadi rojali alias rombongan jadi beli dan jangan jadi rohali alias rombongan hanya liat saja. Beli barang dari UMKM bisa membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan, hingga menggerakan roda ekonomi hingga 2 Milyar," ujar Sandiaga Uno.

Festival Semarapura tahun ini telah menampilkan atraksi budaya yang melibatkan hampir 1.500 seniman. Mulai Tari Lawang Balingkang, Solah Barong Sebarung, Gong Kebyar, koloborasi Tari Barong dan Barong Sai, Grand Final Jegeg Bagus dan dan fashion show.

Festival ini pun menyajikan karya dari 110 perajin dan pameran 105 UMKM mulai dari kuliner, fashion, dan kerajinan tangan yang totalnya mencapai 120 stand.

Festival juga dimeriahkan oleh penyanyi dan musisi nasional Marcello Tahitoe alias Ello menjadi bintang tamu utama.

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika atas suksesnya penyelenggaraan Festival Semarapura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News