Apresiasi Hajatan Betawi IV, HNW: Ini Menegaskan Bangsa yang Berbudaya

Apresiasi Hajatan Betawi IV, HNW: Ini Menegaskan Bangsa yang Berbudaya
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengapresiasi budaya ‘Hajatan Betawi IV Tahun 2023’ yang digelar di Kampus 2 Universitas As-Syafi’iyah, Pondok Gede. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, BEKASI - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengapresiasi budaya ‘Hajatan Betawi IV Tahun 2023’ yang digelar di Kampus 2 Universitas As-Syafi’iyah, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/9).

Apresiasi itu dia lakukan saat pria yang akran disapa HNW menghadiri sekaligus membuka acara tersebut.

Hajatan Betawi adalah festival budaya Betawi yang digelar secara rutin tapi pernah terhenti karena pandemi Covid-19.

Dia pun menyampailkan pantu pada saat menguka acara tersebut. Dukatakan ‘bukan ketan sembarang ketan, ketan Ciawi lezat rasanya, bukan hajatan sembarang hajatan, Hajatan Betawi luar biasa’.

Pantun tersebut disambut dengan ungkapan ‘cakep’ dan antusias oleh ribuan warga.

“Kami ikut bersyukur dan mendoakan acara ini membawa berkah selain bagi warga Betawi tapi juga bagi kita semua wargw Indonesia,” harap HNW.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menuturkan lewat hajatan ini, warga Betawi menghidupkan dan menghiduphidupi budaya warisan leluhur.

Hal demikian penting karena selain untuk menjaga jati diri bangsa juga untuk menegaskan kembali bahwa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya luhur.

Menurut alumni Pondok Pesantren Gontor yang juga tercatat sebagai Dosen Pasca-Sarjana di Universitas AasSyafiiyyah itu, warga dan budaya Betawi sangat dikenal dengan toleransi, terbuka, keramahan, dan kemampuannya memberi solusi.

Kebiasaan tersebut selalu dan sangat dipentingkan apalagi untuk menghadapi tahun politik yang dipenuhi dengan kekhawatiran terjadinya pengkotakan dan penyebaran hoaks dan budaya2 lainnya yang bisa merusak harmoni dan toleransi serta budaya-budaya luhur bangsa lainnya.

Dengan terus menghadirkan event-event publik yang mengingatkan prinsip sebagai warga yang berbudaya,

HNW berharap pemilu yang digelar beberapa bulan yang akan datang akan benar-benar terselenggara secara terhormat dan bermartabat.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengapresiasi budaya ‘Hajatan Betawi IV Tahun 2023’ yang digelar di Kampus 2 Universitas As-Syafi’iyah, Pondok Gede.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News