Apresiasi KAI, Komisi VI DPR: Pelopori Kereta Modern dan Memberi Pelayanan Maksimal Sambut Nataru 2023

Apresiasi KAI, Komisi VI DPR: Pelopori Kereta Modern dan Memberi Pelayanan Maksimal Sambut Nataru 2023
Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto saat meninjau proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang digagas pemerintah melalui PT. KAI (Persero) bersama 7 perusahaan konsorsium China. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Kalangan DPR RI menilai PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki rekam jejak dan reputasi yang mumpuni dalam menyelenggarakan pelayanan moda transportasi massal di tanah air selama ini. Baik sebagai moda transportasi angkutan umum maupun barang.

Tak hanya soal pelayanan, DPR juga menganggap bahwa KAI sebagai perusahaan yang paling depan memelopori pembangunan transportasi massal modern, yaitu dengan digagasnya pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto mengatakan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang digagas pemerintah melalui PT. KAI (Persero) bersama 7 perusahaan konsorsium China merupakan tonggak bersejarah bagi dunia perkeretaapian dan bangsa Indonesia khususnya.

“Proyek yang dimulai tahun 2018 itu, saat ini progres konstruksi pembangunan KCJB sudah mencapai 91,7 persen,” kata Darmadi Durianto, Sabtu (10/12/2022).

Sekadar informasi, kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara.

Darmadi menambahkan kehadiran KCJB menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman, dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal serta meningkatkan konektivitas antarkota.

“KCJB diharapkan mampu memicu pembangunan kawasan dan sentra ekonomi baru, serta berpotensi untuk dikembangkan seluruh Indonesia," kata Darmadi.

Menurut Darmadi, sebagai pionir kereta api cepat di Indonesia, KCJB menjadi pusat keunggulan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk ditempa menjadi generasi pertama yang mampu mengoperasikan sarana dan prasarana kereta api cepat di Indonesia.

Komisi VI DPR RI menilai PT KAI memiliki rekam jejak dan reputasi yang mumpuni dalam menyelenggarakan pelayanan moda transportasi massal sambut Nataru 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News