ART: Jika Jenderal Listyo Tak Mampu Membenahi Polri, Jokowi Sebaiknya Cari Pengganti

ART: Jika Jenderal Listyo Tak Mampu Membenahi Polri, Jokowi Sebaiknya Cari Pengganti
Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha (ART) minta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersikap tegas dalam membersihkan institusinya setelah Irjen Teddy Minahasa tersandung kasus narkoba. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha (ART) meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjukkan ketegasan dalam membenahi institusinya setelah Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa tersandung kasus narkoba.

Sebelum kasus ini terbongkar, Irjen Teddy telah ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo menjadi Kapolda Jatim menggantikan Irjen Nico Afinta yang dicopot akibat tragedi Kanjuruhan.

Rachman menilai perilaku oknum anggota Polri kian hari makin memprihatinkan, terlebih ada oknum jenderal bintang dua sampai terlibat dugaan peredaran narkotika.

"Tidak sepantasnya seorang jenderal bintang dua yang berpendidikan begitu tinggi, paham hukum, malah memberikan contoh tidak baik terhadap regenerasi insan Polri itu sendiri," ujar Rachman kepada JPNN.com, Jumat (14/10).

Senator asal Sulawesi Tengah (Sulteng) itu menilai keterlibatan oknum Polri yang berpangkat rendah hingga perwira tinggi dalam peredaran narkoba, menandakan Korps Bhayangkara saat berada pada titik nadir untuk segera dibersihkan.

Terlebih lagi, tindak pidana narkoba yang diduga melibatkan Irjen Teddy Minahasa merupakan kejahatan laten yang bahayanya dapat merusak regenerasi bangsa.

Rachman menyarankan Kapolri yang memiliki intelijen segera menghimpun data dan informasi tentang rekam jejak para perwira tinggi yang akan ditugasi menjadi pimpinan Polri di daerah.

"Saya yakin masih banyak calon-calon jenderal atau calon jenderal yang lebih baik di dalam intitusi Polri, cuma mereka tidak diberi kesempatan," ucap pria yang akrab disapa dengan inisial ART itu.

Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha (ART) minta Presiden Jokowi cari pengganti Kapolri jika Jenderal Listyp Sigit Prabowo tak mampu membenahi Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News