Arus Balik, 6 Ribu Pemudik Berangkat dari Terminal Rajabasa

Arus Balik, 6 Ribu Pemudik Berangkat dari Terminal Rajabasa
Ilustrasi kapal penyebrangan Bakauheni, Lampung. Foto: Radar Lampung/jpg

jpnn.com - BANDAR LAMPUNG - Gelombang arus balik dari Bandarlampung ke berbagai tujuan menunjukkan peningkatan. Tercatat keberangkatan dari Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung sepanjang Sabtu (9/7) hingga pukul 17.30 Wib sudah mencapai 6.587 orang.

Mayoritas tujuannya adalah ke Pelabuhan Bakauheni dan hendak menyeberang ke pulau Jawa. Namun tidak sedikit juga jumlah pemudik di kedatangan. Totalnya mencapai 6.430 orang yang diangkut dengan 275 unit bus. 

Arus balik di Terminal Induk Rajabasa ternyata mendapat perhatian langsung dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sekretaris Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Popik Montanasyah turun mengunjungi terminal, Sabtu kemarin. 

Kedatangan Popik disambut Kepala Terminal Induk Rajabasa Antoni Makki dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung I Kadek Sumarta.

Popik Montanasyah mengatakan, kunjungan ke Lampung memenuhi instruksi Menteri Perhubungan (Menhub) Ignatius Jonan. 

“Kunjungan saya ini atas perintah Menhub. Dimana eselon I dan II selama arus mudik dan balik Lebaran 2016 harus turun meninjau lokasi. Semuanya komitmen Kemenhub,” terangnya seperti dikutip dari Radar Lampung (Jawa Pos Group). 

Popik juga mengapresiasi situasi di terminal tersebut. Menurutnya, Terminal Induk Rajabasa saat ini sudah tertib dan rapi. "Terlihat dari depan sudah tertib, dan dimana awak bus juga kan sudah dilakukan tes urin untuk menghindari kecelakaan dan hasilnya pun negatif," imbuhnya.

Kepala Terminal Induk Rajabasa Antoni Makki menyatakan, keramaian telah terlihat sejak pagi. Tetapi, lanjutnya, keramaian tersebut masih terpantau wajar dan belum ada penumpukan penumpang di terminal. 

BANDAR LAMPUNG - Gelombang arus balik dari Bandarlampung ke berbagai tujuan menunjukkan peningkatan. Tercatat keberangkatan dari Terminal Induk Rajabasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News