Arus Balik Lebaran, Sepeda Motor dan Truk Dialihkan via Pelabuhan Panjang

Arus Balik Lebaran, Sepeda Motor dan Truk Dialihkan via Pelabuhan Panjang
Petugas ASDP di lapangan sedang memantau pemudik yang akan menyeberang. Foto dok humas ASDP

jpnn.com, BANTEN - Pelabuhan Panjang, Lampung menjadi pelabuhan alternatif untuk melayani angkutan logistik dan penumpang, saat arus balik Angkutan Lebaran 2022.

Menhub Budi Karya mengatakan Pelabuhan Panjang, Lampung menjadi pelabuhan alternatif khusus menampung kendaraan logistik dan penumpang, menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Banten pada arus balik.

"Untuk menekan antrean, kendaraan logistik diarahkan langsung ke Pelabuhan Panjang. ASDP bisa memberikan rekomendasi jika kepadatan sudah kuning bisa langsung geser ke Panjang, jadi jangan tunggu sampai merah. Termasuk pemudik sepeda motor penumpang, dari sekitar wilayah Tanjung Karang langsung diarahkan ke Panjang saja," tutur Menhub.

Diharapkan, upaya ini dapat melancarkan pergerakan kendaraan (bus, mobil, sepeda motor) dan penumpang dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni menuju ke Merak, karena sudah relatif lengang.

Data Posko 24 Jam pada 3 Mei 2022 pukul 08.00 WIB hingga 4 Mei 2022 pukul 08.00 WIB atau baru 42.165 orang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak.

Diikuti kendaraan roda dua sebanyak 2.640 unit, roda empat sebanyak 5.771 unit, 179 unit bus, 324 unit truk.

Sehingga total seluruh kendaraan yang telah menyeberang dari Sumatera menuju Jawa sebanyak 8.914 unit.

"Untuk H+1 kondisi arus kendaraan dan penumpang yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni masih relatif ramai lancar. Perkiraan kami, sekitar 6-7 Mei baru akan dimulai terjadi peningkatan," ujar Dirut ASDP Ira Puspadewi.

Pelabuhan Panjang, Lampung menjadi pelabuhan alternatif khusus menampung kendaraan logistik dan penumpang, menuju ke Pelabuhan Ciwandan pada arus balik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News