Arus Bawah Jokowi Bantu Korban Bencana di Kabupaten Pak SBY

Arus Bawah Jokowi Bantu Korban Bencana di Kabupaten Pak SBY
Jalan Raya Pacitan-Ponorogo di Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari, Pacitan yang tinggal separuh akibat tergerus aliran Sungai Grindulu. Foto: Muhammad Budi/Radar Pacitan/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Bencana erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali serta banjir di Pacitan, Jawa Timur menggerakkan Arus Bawah Jokowi (AJB) untuk turun tangan menyalurkan bantuan. Dewan Pengurus Pusat (DPP) AJB langsung turun menemui korban bencana di Karangasem dan Pacitan.

Karena itu, DPP AJB membentuk dua tim untuk menyerahkan bantuan. Menurut Ketua Umum DPP AJB Veldy Reynold, satu tim menyerahkan bantuan di Karangasem, sedangkan tim lainnya ke Pacitan yang dikenal sebagai kabupaten kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono.

"Penyerahan bantuan kepada pengungsi dari Desa Pidpid Utara yang mengungsi di Desa Pidpid Selatan, Karangasem," ujar Veldy melalui pesan elektroniknya, Sabtu (2/12). 

Menurut Veldy, pemberian difokuskan pada korban bencana yang belum tersentuh bantuan pemerintah daerah setempat. ABJ mencatat di Desa Pidpid ada setidaknya 87 kepala keluarga atau sekitar 300 jiwa yang terdampak bencana. 

Bantuan yang diberikan berupa 10 karung beras, 50 kilogram minyak goreng, 1.000 butir telur dan 100 kotak susu. Bantuan lainnya adalah masker, obat-obatan serta popok sekali pakai.

”ABJ juga memberikan bantuan secara psikologis seperti penanganan trauma healing bagi anak-anak. Mereka dilatih menikmati suasana di pengungsian dan tidak merasa trauma dengan bunyi letusan gunung atau awan gelap dilangit," kata Veldy yang turun langsung ke Desa Pidpid di Karangasem.

Sedangkan untuk tim ABJ yang diterjunkan ke Pacitan dipimpin oleh Hence Tumbal. Kepala Sekretariat DPP AJB itu menyerahkan bantuan ke Posko Banser di kantor Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (NU) Pacitan.

Menurut Hence, bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat korban banjir. Di antaranya beras, mesin pompa air, kompor gas, pakaian wanita, pakaian pria, ember dan berbagai macam kebutuhan mendesak warga lainnya. 

Bencana banjir di Pacitan, Jawa Timur dan erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali menggerakkan Arus Bawah Jokowi (AJB) untuk turun tangan menyalurkan bantuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News