AS Cemaskan Warganya di Freeport Papua

AS Cemaskan Warganya di Freeport Papua
Duta Besar AS, Robert Blake (tengah kanan) saat berkunjung ke markas Polda Papua. Foto: dok/Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake memberikan perhatian serius terhadap keberadaan warga Amerika Serikat yang di Papua, khususnya yang banyak bekerja di PT Freeport.

Apalagi, menyusul adanya aksi terorisme di Jakarta baru-baru ini. Oleh karena itu, Blake mengharapkan jaminan keamanan dari aparat kepolisian bagi warganya yang ada di Indonesia, khususnya di Freeport. 

Untuk itu, dalam rangkain kunjungannya ke Papua, Jumat (22/1) kemarin, Blake menyempatkan diri mengunjungi Polda Papua untuk bertemu langsung dengan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

Pertemuan ini untuk membicarakan masalah keamanan di Papua khususnya pengamanan terhadap PT Freeport Indonesia di Mimika Papua terhadap asset dan warga Amerika yang bekerja di sana. Blake mengakui bahwa pertemuan tersebut membicarakan tentang kesiapan Kepolisian khususnya di Polda Papua mengantisipasi teror bom.

"Kunjungan ini berhubungan dengan penebalan keamanan yang dilakukan di PT. Freeport Indonesia, di mana saat ini ada banyak warga dari AS yang bekerja di sana sehingga ini menjadi tanggung jawab pihak aparat untuk menjaga keamanan  di sana," kata Blake seperti dikutip dari Cederawasih Pos, Sabtu (23/1).

Menurutnya, pasca aksi terror yang terjadi di Ibu Kota Jakarta, maka pemerintah AS sangat mengkhawatirkan warganya yang ada di Indonesia, termasuk di Papua seperti Mimika juga ada warga Amerika yang banyak bekerja di PT. Freeport Indonesia. 

"Keselamatan mereka sepenuhnya diserahkan kepada pihak keamanan di Indonesia dalam hal ini Polda Papua. Kami ingin warga kami diberikan pengamanan. Tugas pemerintah Indonesia memberikan rasa aman pada warga AS," tandas Blake. (jo/yud/tri/adk/jpnn)


JAYAPURA - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake memberikan perhatian serius terhadap keberadaan warga Amerika Serikat yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News