Asap Pekat Mulai Ganggu Masyarakat

Asap Pekat Mulai Ganggu Masyarakat
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - PONTIANAK – Asap pekat mulai menyelimuti Pontianak dan daerah sekitar sejak dua hari terakhir. Asap semakin pekat menjelang malam hingga dini hari. Minggu (7/8), kabut mulai menusuk hidung dan mengganggu pandangan.

Munculnya kabut asap disebabkan adanya pembakaran lahan. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Sustyo Iriyono mengatakan, dalam dua hari terakhir setidaknya ada sembilan hotspot yang terjadi di beberapa lokasi.

Di antaranya dua hotspot di Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak (2), Kabupaten Kubu Raya (1), Kabupaten Pontianak (2), Kabupaten Sambas (1), Kabupaten Ketapang (1) serta Kabupaten Bengkayang (2).

"Hotspot ini terpantau berdasarkan Modis (Terra/Aqua) pada 7 Agustus 2016," kata Sustyo pada Pontianak Post, Senin (8/8).

Jumlah hotspot sejak Januari-Agustus 2016 ada 76. Namun demikian, angka tersebut jauh berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama.

"Periode Januari-Agustus 2015 ada sebanyak 576 hotspot. Artinya tahun ini jumlah hotspot jauh berkurang dibandingkan tahun sebelumnya," paparnya.

Sustyo menduga, ada lahan yang sengaja dibakar. Menurutnya, ada salah satu lokasi yang terpantau berindikasi sengaja dibakar.

"Kami sudah lakukan patroli. Kami menemukan salah satu lahan di Kabupaten Kubu Raya yang berindikasi sengaja dibakar. Jumlahnya ada empat hektare. Ditemukan juga ban-ban bekas di sana. Kami minta aparat kepolisian bertindak cepat untuk menangkap pelakunya," tegasnya.

PONTIANAK – Asap pekat mulai menyelimuti Pontianak dan daerah sekitar sejak dua hari terakhir. Asap semakin pekat menjelang malam hingga dini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News