Asian Games 2018 Harus Ramah kepada Penyandang Disabilitas

Asian Games 2018 Harus Ramah kepada Penyandang Disabilitas
Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah. Foto: Dok. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah memberikan perhatian kepada nasib penyandang disabilitas saat rapat dengar pendapat umum antara Komisi X DPR RI dengan Inasgoc (panitia penyelenggara Asian Games), Inapgoc (panitia penyelenggara Asian Para Games), Sekretaris Kemenpora, Dirjen Cipta Karya Kementerian PO RI, Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Sumatera Selatan.

Mula-mula legislator yang juga mantan Ketua Panja RUU Disabilitas ini memberi apresiasi pada Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Perumahan terkait wisma atlet yang lebih ramah disabilitas.

“Ini adalah sebuah kemajuan yang baik dan layak diapresiasi, memenuhi hak bagi para atlet penyandang disabilitas. Saya berharap hal ini akan berlanjut terus pada berbagai sarana prasarana publik lainnya mengingat ada atau tidak adanya Para Games, sesuai amanah UU Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Disabilitas, bangunan publik di Indonesia harus aksesibel, ramah disabilitas,” ujar Ledia.

Ledia juga mengingatkan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games kali ini menjadi tantangan pembuktian pemerintah Indonesia untuk mewujudkan kesetaraan hak bagi para penyandang disabilitas. Baik para atlet, tim support, hingga para penonton semua berhak menikmati Asian Games dan Asian Para Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang ini tanpa kecuali.

Karenanya, politikus dari Fraksi PKS ini meminta kepada Gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera Selatan yang telah berkomitmen menyiapkan free tiket pertandingan bagi para siswa sekolah untuk tidak hanya memprioritaskan pemberian tiket kepada para siswa berprestasi tetapi juga kepada para siswa penyandang disabilitas.

Tak lupa Ledia juga mengingatkan pelaksana acara soal tiket bagi penonton penyandang disabilitas.

“Karena tempat bagi penyandang disabilitas di stadion sangat terbatas sementara tiket bisa dibeli online harus ada catatan pilihan tiket penyandang disabilitas. Ini untuk mencegah jangan sampai para penonton disabilitas kesulitan atau bahkan celaka,” katanya.

Untuk kegiatan Para Games yang akan berlangsung pada Oktober mendatang, Ledia juga berharap para siswa sekolah diberikan undangan untuk hadir menonton pertandingan agar mereka memperoleh pelajaran mengenai semangat juang yang diperlihatkan oleh saudara-saudara mereka para atlet penyandang disabilitas.

Ledia Hanifa Amaliah mengingatkan penyelenggara Asian Games dan Asian Para Games 2018 untuk memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News