ASPADIN: Galon PC & PET Punya Izin Edar, Aman Dikonsumsi 

ASPADIN: Galon PC & PET Punya Izin Edar, Aman Dikonsumsi 
Para pengusaha di daerah yang tergabung dalam Perkumpulan Perusahan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) mengeluhkan wacana pelabelan BPA di kemasan galon. Foto source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Air Kemasan Indonesia (ASPADIN) sebagai wadah industri air minum dalam kemasan (AMDK) mengeluhkan makin gencarnya kampanye negatif dan pembiaran terhadap klaim iklan yang menyerang produk air kemasan polikarbonat (PC).

Anggota DPP ASPADIN Firman Sukirman menilai adanya pembiaran terhadap kampanye negatif terhadap air kemasan galon polikarbonat yang dimulai sejak tiga tahun lalu terlihat makin masif.

"Pembiaran tampak juga klaim iklan menggunakan BPA Free yang melanggar aturan karena sejatinya kemasan PET yang diiklankan memang tidak mengandung BPA,” kata Firman Sukirman dalam keterangannya, Senin (16/10).

ASPADIN melihat media online secara masif menggoreng berita tentang bahaya BPA di galon polikarbonat dengan narasi yang ugal-ugalan, menggoreng kutipan penelitian dan narasumber secara tidak utuh serta melibatkan profesi dokter.

Sementara, glorifikasi klaim BPA-Free terus dilakukan di media iklan TV, digital, bahkan baliho. 

"Hal yang pernah terjadi sebelum tahun 2020, padahal kemasan PET sudah dipakai sejak lebih dari 40 tahun lalu tanpa klaim BPA-Free,” tegas Firman.

Di masa lalu, lanjutnya, produk makanan ringan kacang yang melakukan klaim bebas kolesterol diminta untuk menghentikan klaim iklannya karena memang kacang tidak mengandung kolesterol. Sayangnya, klaim BPA-Free pada kemasan PET masih dibiarkan bertebaran di ruang publik.

 “Ada apa ini? Apakah berarti kemasan Polikarbonat boleh melakukan klaim Etilen Glikol-Free atau Asetaldehid-Free?” tanya Firman.

ASPADIN menegaskan galon PC & PET yang punya izin edar tandanya aman dikonsumsi 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News