Astaga! Gajah di Way Kambas Tewas Diburu

Astaga! Gajah di Way Kambas Tewas Diburu
Seekor gajah di TN Way Kambas tewas dibunuh pemburu. Foto: Riau Pos / JPNN

jpnn.com - LABUHANRATU - Seekor gajah liar Taman Nasional Way Kambas (TNWK) ditemukan tewas. Gajah tersebut tewas diduga akibat perburuan.

Kapolsek Labuhanratu AKP Salman Fitri menjelaskan, gajah jantan tersebut ditemukan tewas di kawasan Sektor Rawa Bunder kawasan hutan TNWK.  

Kali pertama bangkai gajah tersebut ditemukan petugas mitra Polisi Kehutanan (Polhut) yang sedang melakukan patroli di wilayah Seksi I Sektor Rawa Bunder. 

Tepatnya, di kawasan hutan yang berbatasan dengan areal perkebunan PT.Nusantara Tropical Fruit (NTF). 

Saat ditemukan, kondisi badan sudah membusuk dengan kepala  terpisah dan gadingnya sudah hilang. Diduga, gajah yang berumur 10 tahun tersebut mati akibat ulah pemburu liar. 

“Diduga, gajah  tersebut mati karena dibunuh sejak 10 hari hari lalu,”jelasnya.

Terpisah Kepala Resort Rawa Bunduer Roden menjelaskan, bangkai gajah tersebut ditemukan di kawasan hutan sabana (ilalang) pukul 10.30 WIB, Rabu (24/2) lalu. Selanjutnya, Kami (25/2) dua dokter hewan dari Balai TNWK telah turun ke lokasi penemuan bersama petugas Polsek Labuhanratu dan Polres Lamtim.  

Dari hasil outopsi yang dilakukan dokter Balai TNWK diketahui, gading dan gigi telah hilang, leher terpotong, belalai terpisah dan badan sudah membusuk.   Dari hasil outopsi, gajah yang mati tersebut juga tidak memiliki penyakit. Sehingga, gajah tersebut diduga mati akibat dibunuh pemburu liar.  

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News