Asteroid Besar Bukan Lagi Ancaman Bumi

Asteroid Besar Bukan Lagi Ancaman Bumi
Asteroid Besar Bukan Lagi Ancaman Bumi
WASHINGTON--Asteroid besar yang diprediksi bakal menghancurkan segala kehidupan di Bumi dianggap bukan lagi ancaman. Pasalnya, kajian terbaru ilmuwan NASA atas asteroid tersebut menunjukkan hasil sebaliknya.

Dijelaskan, para astronom telah melakukan pengamatan saat asteroid yang dinamakan Apophis itu melewati Bumi Rabu kemarin dari jarak yang relatif aman yaitu 9 juta mil atau sekitar 14,5 juta kilometer. Dari kalkulasi trayektori batu antariksa tersebut dan astronom yakin bahwa asteroid tidak akan menghantam Bumi pada 13 April 2036 seperti yang ditakutkan sebelumnya.

Karenanya, mereka menyangkal teori sebelumnya yang mengatakan asteroid besar akan mengakibatkan kiamat di Bumi pada 2036. "Kajian lebih jauh menunjukkan asteroid bukan lagi ancaman yang akan menghantam Bumi 20 tahun mendatang," ungkap Donald Yeomans, manager of NASA’s Near Earth Object Program seperti dikutip Time (10/1).

Berukuran lebih dari 323 meter, batu yang disebut Apophis itu dapat menimbulkan kerusakan besar pada daerah yang terhantam dan  menyebabkan tsunami. Namun dengan ukuran itu tidak dapat memicu kemusnahan di muka Bumi.

WASHINGTON--Asteroid besar yang diprediksi bakal menghancurkan segala kehidupan di Bumi dianggap bukan lagi ancaman. Pasalnya, kajian terbaru ilmuwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News