Asyik, Pak Tjahjo Sampaikan Kabar Terbaru untuk Warga di Perbatasan

Asyik, Pak Tjahjo Sampaikan Kabar Terbaru untuk Warga di Perbatasan
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memprediksi pembangunan sejumlah infrastruktur di perbatasan rampung tahun depan. Di antaranya jalan penghubung dari perbatasan ke kabupaten/kota terdekat. Dengan demikian perdagangan hasil bumi masyarakat setempat dapat berjalan dengan baik, sehingga mendukung perekonomian.

"Tahun depan infrastruktur ekonomi sosial sudah selesai di perbatasan, bagaimana perdagangan jalan, masyarakat yang tinggal di perbatasan bisa menikmatinya," ujar Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Kamis (10/8).

Menurut Tjahjo, infrastruktur yang dibangun tak hanya mempercepat kesejahteraan masyarakat, namun juga untuk meminimalisir penyelundupan lintas batas.

"Jadi saya kira di masa pemerintahan saat ini seribu persen (infrastruktur di perbatasan,red) sudah bagus fisiknya. Tapi volume perdagangan belum optimal. Masih lebih banyak penduduk Indonesia membeli barang-barang dari negara tetangga (seperti Malaysia,red)," ucapnya.

Menurut pria yang juga menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ini, fokus pemerintah di perbatasan saat ini membenahi kesehatan lewat Kementerian Kesehatan. Kemudian juga membangun pusat-pusat karantina.

"Sekarang membenahi lewat kementerian kesehatan, pukesmasnya ditingkatkan, ada rawat inap. Kemudian di kabupaten dibuat rumah sakit rujukan kalau ada apa-apa. Kemudian bea cukai ada pusat karantina. Pihak pemda bangun gudang tempat kontainer," pungkas Tjahjo.(gir/jpnn)


Pemerintah memprediksi pembangunan sejumlah infrastruktur di perbatasan rampung tahun depan. Di antaranya jalan penghubung dari perbatasan ke kabupaten/kota


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News