Atal S Depari Ingin HPN 2022 Bermanfaat untuk Bangsa dan Negara

Atal S Depari Ingin HPN 2022 Bermanfaat untuk Bangsa dan Negara
Ketua Umum PWI Atal S Depari, acara Focus Group Discuss Pertambangan Seri I yang digelar hybrid dari Sekretariat PWI Pusat, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (10/1).

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PWI Atal S Depari mengatakan momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mendatang termotivasi melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Menurutnya, HPN bukan sekadar ajang silaturahmi insan pers nasional melainkan juga kepedulian terhadap masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Berkenaan dengan peringatan HPN tahun ini yang dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Atal mengaku telah beberapa kali terlibat diskusi dengan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda).

"Kami menangkap ada kegelisahan," ungkap Atal di acara Focus Group Discuss Pertambangan Seri I yang digelar hybrid dari Sekretariat PWI Pusat, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (10/1).

Menurutnya, pemda yang menjadi daerah penghasil tambang khususnya merasa gelisah dengan terbitnya UU Minerba No 3 tahun 2020 yang merupaka revisi dari UU No 4 Tahun 2009.

Pasalnya, undang-undang yang baru tidak lagi melibatkan pemda dalam konteks penguasaan pertambangan minerba. Kewenangan itu telah ditarik sehingga tersentralisasi ke pemerintah pusat.

"Kata mereka kalau begitu kami (pemda, red) dapat apa, padahal tambang di wilayah kami," ungkap Atal.

Oleh karena itu, lanjut Atal, isu di sektor energi pertambangan, sumber daya mineral, menarik perhatian PWI.

Ketua Umum PWI Atal S Depari mengatakan momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mendatang termotivasi melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News