Atasi Banjir, Pemerintah Desain Ulang Tol Semarang-Demak Seksi 1

Atasi Banjir, Pemerintah Desain Ulang Tol Semarang-Demak Seksi 1
Jalan raya di daerah Kaligawe, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, tergenang pada Selasa (3/1/2023), setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah itu. (ANTARA/Wisnu Adhi)

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah bakal mendesain ulang Tol Semarang-Demak Seksi 1 Ruas Kaligawe-Sayung untuk mengatasi dampak banjir yang sering terjadi di daerah tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan tol dan jalan di bawahnya akan ditinggikan, sehingga tidak tergenang banjir.

"Kita re-design jalan tol untuk tangani banjir dan rob. Kontrak sudah ada, dan penyedia jasanya (juga). Tahun ini mulai dikerjakan," kata Basuki saat mengecek penanganan banjir di Rumah Pompa Kali Sringin, Kota Semarang, Selasa.

Basuki mengatakan pengerjaan peninggian bagian Jalan Tol Semarang-Demak yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan rencananya dilakukan setelah Idulfitri tahun 2023 agar tidak mengganggu lalu lintas kendaraan semasa mudik.

"Jadi, hasil koordinasi dengan Korlantas dan Dishub diminta pengerjaan setelah Hari Raya, sehingga pada musim hujan tahun depan diharapkan tidak ada banjir," katanya.

Sementara itu, guna mengatasi banjir yang masih melanda bagian wilayah Kota Semarang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendatangkan bantuan pompa untuk menyedot genangan di daerah Kaligawe.

"Pengerahan bantuan mesin pompa penyedot air berkapasitas besar diharapkan dapat mempercepat penanganan genangan di daerah tersebut," katanya. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Banjir sering terjadi di Tol Semarang-Demak Seksi 1 Ruas Kaligawe-Sayung. Kementerian PUPR bakal mendesain ulang.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News