Jumat, 19 April 2019 – 13:41 WIB

Atasi Perut Kembung dan Begah dengan 4 Bahan Alami ini

Jumat, 22 Maret 2019 – 04:08 WIB
Atasi Perut Kembung dan Begah dengan 4 Bahan Alami ini - JPNN.COM

jpnn.com - Meski tidak berbahaya, perut kembung dan begah bisa membuat Anda tidak nyaman beraktivitas. Penyebab dari kembung begah beragam, salah satunya adalah gangguan saluran cerna. Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir, ada bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.  

Saat terjadi kembung begah, Anda akan merasa perut menjadi ‘melebar’, tidak nyaman, dan penuh. Keluhan ini bisa disebabkan oleh adanya produksi gas di saluran cerna yang berlebih, susah BAB, intoleransi makanan tertentu, atau adanya kondisi medis tertentu (seperti penyakit celiac atau sindrom iritasi usus besar).

Selain dengan perubahan gaya hidup dan berkonsultasi ke dokter, Anda juga bisa menanganinya perut kembung dengan cara-cara alami berikut:

1. Makan nanas

Menurut American Cancer Society, enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas dapat memecahkan sejumlah protein yang ada di saluran cerna dan mengurangi keluhan perut kembung dan begah. Selain itu, jurnal yang dimuat di Biomedical Reports menyebutkan bahwa kandungan bromelain yang ada di dalam nanas juga memiliki efek anti peradangan dan antimikroba.

2. Minum teh peppermint

Peppermint merupakan bahan yang populer digunakan untuk meredakan gangguan saluran cerna karena mengandung bahan aktif menthol dan menthone. Kandungan dari bahan-bahan tersebut memiliki efek antispasmodik (mengurangi kontraksi) dan meredakan keluhan tidak nyaman di saluran cerna.

Selain itu, peppermint juga bisa menstimulasi asam empedu untuk membantu proses pencernaan. Bahkan, penelitian dari Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa ekstrak peppermint lebih efektif mengatasi sindrom iritasi usus besar dibandingkan obat-obatan antispasmodik.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar