Rabu, 19 Desember 2018 – 10:55 WIB

Atasi Rambut Berketombe dengan 3 Cara Ini

Sabtu, 08 Desember 2018 – 04:06 WIB
Atasi Rambut Berketombe dengan 3 Cara Ini - JPNN.COM

jpnn.com - Siapa yang nyaman ketika berketombe, apalagi jika menimbulkan gatal-gatal? Tentu tidak ada! Selain pengelupasan kulit mati di kepala, penyebab lain yang sering memicu rambut berketombe adalah infeksi jamur dan dermatitis seboroik.

Bila kondisi ini terjadi, segera atasi dengan cara-cara berikut, seperti dilansir Healthline:

1.Ekstrak aloe vera

Aloe vera, alias lidah buaya, adalah sejenis ekstrak yang sering ditambahkan ke dalam salep kulit, kosmetik, dan losion. Ketika diaplikasikan pada kulit, lidah buaya dipercaya membantu mengobati luka bakar, psoriasis, dan luka. Tak hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati ketombe. Menurut sebuah penelitian, sifat antibakteri pada lidah buaya dapat membantu melindungi rambut dari serangan ketombe.

Demikian pula penelitian lainnya yang menemukan bahwa lidah buaya efektif melawan beberapa spesies jamur. Ini membuat lidah buaya baik untuk membantu mengendalikan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe sekaligus kerontokan rambut.

Penelitian yang dilakukan dengan uji tabung juga menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi peradangan, sehingga membantu meredakan ketombe. Meskipun hasil ini menjanjikan, studi tambahan diperlukan untuk melihat bagaimana lidah buaya dapat secara langsung memengaruhi ketombe.

2. Minyak kelapa

Terkenal akan berbagai manfaat kesehatannya, minyak kelapa sering juga digunakan sebagai obat alami untuk ketombe. Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Sumber : Klikdokter
SHARES
TAGS   ketombe
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar