JPNN.com

Atasi Unjuk Rasa di Hong Kong, Tiongkok Libatkan Aktor Jackie Chan

Jumat, 16 Agustus 2019 – 20:00 WIB Atasi Unjuk Rasa di Hong Kong, Tiongkok Libatkan Aktor Jackie Chan - JPNN.com
Atasi Unjuk Rasa di Hong Kong, Tiongkok Libatkan Aktor Jackie Chan

Hanya beberapa ratus meter dari kompleks olahraga Shenzhen Bay di mana ribuan polisi paramiliter dan truk mereka berkumpul, turis serta penduduk setempat menikmati jalan-jalan sore di sepanjang teluk tersebut.

Beberapa orang tampaknya sadar akan pasukan yang telah dikumpulkan Pemerintah Tiongkok di dalam stadion yang diamankan dengan ketat di dekatnya.

Tetapi semua orang yang berbicara dengan ABC sangat menyadari adanya kerusuhan, yang mencengkeram Hong Kong, kota yang hanya terletak beberapa kilometer jauhnya di seberang selat.

"Saya membaca berita tentang Hong Kong dan saya pikir mereka benar-benar di luar kendali. Orang-orang muda berhenti bekerja untuk memprotes," kata seorang perempuan berusia dua puluhan bernama Wang, yang menolak untuk memberikan nama lengkapnya.

Awalnya ketika protes dimulai, di mana 2 juta orang berunjuk rasa menentang kesepakatan ekstradisi dengan Tiongkok daratan, pasukan sensor Beijing mencoba untuk menghapus setiap penyebutan aksi ini dari internet di negara itu.

Tetapi dengan penyebaran berita yang masif, Pemerintah Tiongkok tiba-tiba mengubah taktik.

Sebagai gantinya, mereka membuat Hong Kong sebagai berita utama, meluncurkan kampanye propaganda lengkap untuk menghujat para pemrotes sebagai "kriminal kejam", "penjahat" dan bahkan mengatakan beberapa di antaranya adalah "teroris".

Bentrokan kekerasan mingguan dengan polisi telah digambarkan oleh Beijing sebagai kesalahan total para pemrotes "radikal".

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...