Atikoh Ganjar Kenang Sosok Mbah Hisyam Sebagai Kakek Sekaligus Ahli Agama & Ilmu Falak

Atikoh Ganjar Kenang Sosok Mbah Hisyam Sebagai Kakek Sekaligus Ahli Agama & Ilmu Falak
Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti ketika menyapa santri di Purbalingga. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, PURBALINGGA - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo bersama istrinya, Siti Atikoh Supriyanti menghaidiri Haul ke-35, KH. Muhammad Hisyam Abdul Karim atau Mbah Hisyam.

Mbah Hisyam merupakan kakek dari Siti Atikoh dan juga ulama sekaligus pejuang kemerdekaan. Mbah Hisyam juga pendiri Pondok Pesantren Roudlhotus Solichin Sholichat Sukawarah, Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah.

Atikoh mengaku bersyukur karena banyak yang mendoakan Mbah Hisyam. Dia pun menyakini ilmu yang telah diajarkan Mbah Hisyam dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Alhamdulilah banyak sekali yang mendoakan. Insyaallah ilmu yang diberikan Mbah bisa bermanfaat bagi masyarakat, bisa terus menerus juga, karena Mbah juga sudah banyak sekali murid-muridnya," kata Atikoh dalam siaran persnya, Senin (30/10).

Dia pun meyakini amal kebaikan yang sudah dilakukan Mbah Hisyam tidak akan pernah putus untuk memberikan pendidikan karakter, pendidikan agama dan nasionalisme untuk masyarakat.

Atikoh juga mengungkapkan Mbah Hisyam memiliki pengetahuan yang luar biasa dalam agama, termasuk dalam bidang ilmu falak, yang memberikan pengaruh positif terhadap banyak orang, termasuk dalam hal pembelajaran matematika dan ilmu-ilmu lainnya.

"Mbah Hisyam merupakan sosok yang luar biasa dari sisi keilmuan kalau Mbah itu ahli falak, jadi itu mungkin yang menyebabkan kami juga akhirnya seneng matematika dan sebagainya," kata Atikoh.

"Secara genetika karena banyak itung-itungan, kemudian selain ilmu agama, kitab-kitab, itu mbah juga sangat cerdas dari sisi pekajaran kimia, fisika. Jadi itu nostalgia yang sangat luar biasa, selain ilmu agama," ungkap perempuan yang hobi olahraga lari itu.

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh mengenang sosok Mbah Hisyam yang merupakan kakeknya serta ulama ternama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News