AudioCraft Buatan Meta Bisa Bikin Audio dan Musik dari Teks

AudioCraft Buatan Meta Bisa Bikin Audio dan Musik dari Teks
Logo Meta Platforms. Foto: reuters

jpnn.com, JAKARTA - Meta merilis program berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) terbaru, AudioCraft yang mampu menghasilkan audio dan musik dari teks.

“Bayangkan seorang musisi profesional dapat menjelajahi komposisi baru tanpa harus memainkan satu nada pun pada instrumen. Atau pemilik usaha kecil menambahkan soundtrack ke video iklan terbaru mereka di Instagram dengan mudah," kata Meta dalam sebuah pernyataannya.

AudioCraft terdiri atas tiga model yaitu MusicGen yang dapat membuat musik, AudioGen yang menghasilkan efek suara, dan EnCodec sebagai dekoder AI generatif.

Model MusicGen dilatih menggunakan 400 ribu rekaman musik bersama dengan teks deskripsi dan metadata.

Meta menyebutkan memiliki koleksi musik dengan total durasi 20 ribu jam yang dilisensikan khusus untuk melatih MusicGen.

"Dengan lebih banyak kontrol, kami rasa MusicGen dapat berubah menjadi jenis instrumen baru – seperti synthesizer ketika pertama kali muncul," kata Meta.

Menggunakan MusicGen, pengguna hanya perlu memasukkan deskripsi tentang instrumen yang ingin dihasilkan contohnya "instrumen jazz, tempo menengah, piano bersemangat" atau "musik elektronik 80-an dengan ketukan drum".

AudioGen dilatih menggunakan efek suara yang umum digunakan dan mampu menghasilkan berbagai suara, seperti gonggongan anjing, bunyi klakson mobil, atau suara langkah kaki di lantai kayu.

Meta merilis program berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) terbaru, AudioCraft yang mampu menghasilkan audio dan musik dari teks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News