Australia Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 ke Manusia

Australia Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 ke Manusia
Suntik Vaksin. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

Perusahaan bioteknologi Novavax mulai melakukan uji coba vaksin COVID-19 ke manusia di kota Melbourne dan Brisbane, Australia, hari Selasa (26/05). Jika berhasil, vaksin akan dirilis tahun ini juga.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu menguji keamanan vaksin kepada 131 relawan untuk memastikan efektivitasnya dalam mengatasi virus corona.

Menurut kepala penelitian Novavax, Dr. Gregory Glenn, pihaknya secara paralel membuat vaksin ini dengan harapan bisa menyembuhkan virus corona.

"Kami berharap vaksin sudah dapat digunakan pada akhir tahun ini," kata Dr Glenn dalam jumpa pers virtual di Melbourne, dari kantornya di Maryland, Amerika Serikat.

"Vaksin itu mukjizat dan mampu melindungi penduduk dari penyakit kronis ini. Saya sangat optimis hal itu bisa terwujud di sini," katanya.

Australia Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 ke Manusia Photo: Mengembangkan vaksin untuk mengatasi virus corona Sars-CoV-2 memiliki banyak tantangan dan sejauh ini belum ada yang berhasil pada manusia. (National Institute of Allergy and Infectious Diseases, NIH)

 

Vaksin yang diujicoba di Melbourne saat ini dipilih dari kelompok 30 potensi vaksin yang ada.

Saat ini dari ratusan lembaga yang mengembangkan vaksin COVID-19, hanya belasan yang sudah mencapai uji coba tahap ujicoba ke manusia, yaitu di China, Amerika Serikat dan Eropa.

Perusahaan bioteknologi Novavax mulai melakukan uji coba vaksin COVID-19 ke manusia di kota Melbourne dan Brisbane, Australia, hari Selasa (26/05)

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News