Australia Pengin Selidik Asal-Usul COVID-19, Tiongkok Sewot

Australia Pengin Selidik Asal-Usul COVID-19, Tiongkok Sewot
Menlu Australia Senator Marise Payne mendorong perlunya digelar penyelidikan global untuk mengungkap asal-usul COVID-19. (ABC News: Matt Roberts)

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mendorong digelarnya penyelidikan global atas asal-usul pandemi COVID-19, termasuk upaya penanganan yang dilakukan Tiongkok di kota Wuhan.

Namun Pemerintah Tiongkok langsung menolak usulan ini dan menuding Australia tidak menghargai pengorbanan rakyat Tiongkok dalam mengatasi wabah corona.

Menlu Payne dalam wawancaranya dengan ABC mendorong perlunya dibentuk komisi untuk menyelidiki pandemi COVID-19.

Tak hanya itu, ia menginginkan keterbukaan bagaimana langkah penanganan yang dilakukan di Tiongkok di tahap-tahap awal di kota Wuhan.

Usulan itu dia kemukakan karena pihaknya tidak yakin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan menggelar penyelidikan atas persoalan ini.

Menurut Menlu Payne, penyelidikan semacam itu akan membutuhkan kerjasama internasional.

"Hal ini membutuhkan dukungan banyak pihak dan negara untuk bersama-sama mendorong transparansi dan memastikan bahwa adanya mekanisme penyelidikan yang bisa dipercaya," paparnya.

Partai Buruh Australia yang beroposisi telah menyatakan dukungannya dan mendesak pemerintah untuk secara aktif mencari dukungan dari negara-negara lain.

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne mendorong digelarnya penyelidikan global atas asal-usul pandemi COVID-19, termasuk upaya penanganan yang dilakukan China di kota Wuhan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News