Australia Puji Reformasi Birokrasi di Indonesia

Australia Puji Reformasi Birokrasi di Indonesia
Australia Puji Reformasi Birokrasi di Indonesia
JAKARTA - Senior Advisor The Australian Public Service Commission (APSC), Mark Kilner, melontarkan keyakinannya bahwa reformasi birokrasi di Indonesia akan segera terwujud. Meskipun di negara-negara barat memerlukan waktu pencapaian lebih dari seratus tahun, namun Mark Kilner yakin Indonesia bisa melakukannya lebih cepat.

"Mewujudkan reformasi birokrasi memang butuh waktu yang sangat panjang. Di negara-negara barat mengubah tatanan birokrasinya butuh waktu bukan hanya 25-50 tahun, tapi lebih dari 100 tahun. Kalau Indonesia, saya yakin bisa lebih cepat dari itu," kata Mark Kilner dalam keterangan persnya, Rabu (29/12).

Konsultan di Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang mengakhiri masa tugasnya di Indonesia sejak Selasa (28/29) ini menambahkan, keyakinannya itu didasarkan pada perubahan birokrasi di kementerian/lembaga (K/L). Dia mencontohkan, BKN berhasil menerapkan reformasi di bidang penerimaan CPNS dengan menggunakan program Computer Assisted Test (CAT), sehingga tingkat kepuasan para pelamar pun meningkat.

Sementara Kepala BKN, Edy Topo Ashari, menyatakan keinginannya untuk dapat terus menjalin hubungan antara Indonesia-Australia guna membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia, sekaligus membangun networking guna melakukan improvement quality SDM aparatur.

JAKARTA - Senior Advisor The Australian Public Service Commission (APSC), Mark Kilner, melontarkan keyakinannya bahwa reformasi birokrasi di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News