Australia Rilis Uang Kertas 5 Dolar yang Ramah Tunanetra

Australia Rilis Uang Kertas 5 Dolar yang Ramah Tunanetra
Australia Rilis Uang Kertas 5 Dolar yang Ramah Tunanetra
Australia Rilis Uang Kertas 5 Dolar yang Ramah Tunanetra

Lembaran baru uang kertas Australia mengalami perubahan kecil yang berdampak besar bagi kalangan tunanetra dan orang lainnya yang mengalami gangguan penglihatan.

Dua titik kecil dan menonjol - seukuran remah-remah roti - akan menjadi fitur baru uang kertas pecahan 5 dolar, yang akan dirilis oleh Reserve Bank pada 1 September 2016.

Menurut Bruce Maguire dari LSM Vision Australia fitur baru itu akan membantu sekitar 360 ribu warga Australia yang tunanetra atau mengalami gangguan penglihatan.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah mata uang Australia seorang tunanetra atau yang mengalami gangguan penglihatan bisa memegang dan langsung mengetahui itu uang berapa," kata Maguire.

"Sebagai tunanetra saya kira perubahan ini merupakan tindakan inklusif sangat penting - jika bukan yang paling penting - yang saya saksikan dalam hidup saya sebab meskipun ada tindakan inklusif lainnya seperti rambu penyeberangan yang berbunyi, namun hal itu tidak universal, beda di tiap negara bagian," ujarnya.

"Uang kertas baru dengan fitur peraba akan membantu semua orang Australia dimana pun mereka berada," kata Maguire.

Perubahan ini sebagian besar merupakan tindak lanjut dari upaya seorang remaja asal Sydney bernama Connor McLeod.

Dia mengajukan pengaduan diskriminasi kepada Komnas HAM Australia dan memulai petisi di website change.org mendesak perlunya mata uang yang ramah bagi tunanetra. Petisi itu didukung lebih dari 56 ribu tanda tangan.

Lembaran baru uang kertas Australia mengalami perubahan kecil yang berdampak besar bagi kalangan tunanetra dan orang lainnya yang mengalami gangguan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News