Awas! 2 Harimau Lepas, Saat Malam Kian Ganas

Awas! 2 Harimau Lepas, Saat Malam Kian Ganas
Ilustrasi - Harimau Sumatera yang diberi nama Ida berada di dalam kerangkeng di kawasan Conservation Respon Unit (CRU) Desa Naca, Trumon Tengah, Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Harimau Sumatera berjenis kelamin betina tersebut dievakuasi di Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan setelah masuk perangkap pada Senin (15/6/2020). Pemberian nama Ida diambil dari nama dusun dimana harimau Sumatera itu diselamatkan. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/pras.

jpnn.com, SINGKAWANG - Sebanyak dua ekor harimau lepas dari kandangnya di kebun binatang Sinka Zoo, Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (5/2).

Setelah lepas, dua karnivor itu dikabarkan berkeliaran di sekitar daerah Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang Suparto membenarkan kabar soal dua harimau Sinka Zoo Singkawang yang lepas.

Pihaknya juga sudah menghubungi pengelola Sinka Zoo Singkawang.

"Kami sudah menghubungi pihak Sinka Zoo terkait lepasnya dua ekor harimau tersebut dan memang benar bahwa ada dua ekor harimau yang lepas," kata Suparto di Singkawang, Jumat (5/2).

Suparto mengatakan pihaknya langsung menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Pontianak untuk berkoordinasi terkait kejadian ini. Namun, kronologis lepasnya dua ekor harimau tersebut belum diketahui.

Menurut Suprapto, jajarannya mengimbai masyarakat sekitar waspada dan berhati-hati, tetapi tetap tenang dan tak panik. "Kami sudah meminta pihak Sinka Zoo untuk sementara waktu tutup," ujarnya.

Suparto mengatakan untuk upaya pencarian saat ini mengalami kendala. Sebab, kata dia, karena di malam hari maka petugas pencari akan mengalami kesulitan dalam mencari harimau tersebut. "Karena harimau akan lebih aktif dan gesit di malam hari," ungkapnya.

Dua harimau di Sinka Zoo Singkawang lepas. Pencarian harimau terkendala karena di malam hari harimau legih agresif. Warga diminta waspada tetapi tidak panik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News