Rabu, 18 Oktober 2017 – 20:15 WIB

Ayo Ramaikan Festival Pesona Bunaken 2017!

Minggu, 13 Agustus 2017 – 20:18 WIB
Ayo Ramaikan Festival Pesona Bunaken 2017! - JPNN.COM

jpnn.com, MANADO - Festival Pesona Bunaken 2017 berlangsung meriah. Perhelatan yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu bakal meningkatkan pelestarian budaya dan alam di Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.

"Dengan festival ini pasti muncul pelestarian, di mana unsurnya ada perlindungan dan pemanfaatan. Unsur ini akan menjaga budaya dan alam di Bunaken. ini harus terus dilakukan dan dijaga," ujar Staff Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Hari Untoro Drajat saat membuka Festival Pesona Bunaken 2017 di Pulau Bunaken.

Dampaknya terhadap pelestarian budaya adalah dari tarian-tarian yang disajikan di acara pembukaan.

Dia mengatakan regenerasi tarian itu membuat budaya akan abadi di tanah air Indonesia.

"Dengan mengajarkan tarian ke anak-anak, dan masuk ke dalam rangkaian festival, itu akan membuat budaya lestari. Seperti yang kerap diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, pariwisata semakin dilestarikan, semakin menyejahterakan," kata pria yang juga masuk dalam tim percepatan wisata budaya berkelanjutan kawasan Borobudur Kemenpar itu.

Untuk pelestarian alam, imbuh Hari, festival yang rutin digelar setiap tahun ini menggelar aksi dengan bersih-bersih sampah dan pulau, bagian rangkaian ini membuat alam yang sering dikunjungi wisman ini akan tetap terawat dan cantik.

"Pariwisata itu mengangkat kesejahteraan masyarakat secara langsung, cepat dan murah. Ayo dengan festival ini kita lestarikan semuanya untuk masyarakat kita juga," kata Hari yang disambut tepuk tangan meriah pengunjung di acara pembukaan tersebut.

Dalam acara pembukaan, pihak Kemenpar didampingi Ketua Panitia Acara Robby Dondokombey dan Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel Mawengkang.

Dalam acara tersebut digelar beberapa acara yang menarik.

Di antaranya adalah, bersih-bersih Bunaken, pentas seni dan budaya, Tarian 4 Wayer Bersama Turis, fun games voli pantai, lomba balap perahu dayung, lomba Perahu Katinting Hias, free mass snorkeling – MedSos, promotion games tradisional, pesta ikan bakar dan juga hadir penyanyi Gio Idol.

"Ayo jaga Bunaken, sambut wisatawan dengan senyum, kita semua harus jaga Bunaken," kata Gio di atas panggung.

Datang juga ratusan wisatawan Tiongkok yang hadir ke acara tersebut. Mereka berenang, bernyanyi, berjoget dan berbaur dengan masyarakat setempat.

SHARES
TAGS   Kemenpar
loading...
loading...
Komentar