Azis: Kehadiran Panglima TNI ke Papua Memberi Arti Mendalam

Azis: Kehadiran Panglima TNI ke Papua Memberi Arti Mendalam
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyalami para pimpinan TNI dan Polri di wilayah Papua dan Papua Barat saat tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Sabtu (28/11/2020). (ANTARA/Evarianus Supar)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyatakan kehadiran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Timika, Papua, Sabtu (28/11), memberikan arti mendalam untuk menciptakan situasi dan kondisi yang damai. 

Pimpinan DPR bidang koordinasi politik, hukum, dan keamanan, ini berharap kehadiran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghasilkan titik terang untuk meredam situasi panas yang terjadi dewasa ini di Papua.  

“Pertemuan Panglima TNI dengan sejumlah tokoh Papua memiliki arti mendalam. Banyak harapan dari titik temu yang dihasilkan. Minimal membuka ruang dialog untuk menciptakan situasi dan kondisi Papua damai,”  kata Azis dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/11).

Mantan ketua Komisi III DPR itu menyatakan hadirnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membuktikan bahwa negara hadir di tengah masyarakat Papua, yang sedang mengalami gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Sudah sejak lama tanah Papua merindukan kedamaian. Saya yakin tidak tebersit sedikit pun di hati mereka untuk berpisah dengan kedaulatan NKRI,” yakin Azis.

Politikus Partai Golkar itu juga mengapresiasi sikap TNI yang tidak bertindak agresif dalam meningkatkan pengamanan menjelang hari ulang tahun (HUT) kelompok bersenjata di Papua atau OPM pada 1 Desember.

Berkaca dari kasus-kasus sebelumnya, 1 Desember kelompok bersenjata kerap melakukan gangguan keamanan untuk menunjukkan eksistensinya.

"Saya yakin, TNI akan terus melakukan monitoring maupun pengawasan menjelang 1 Desember," ungkapnya.

Harapan Azis Syamsuddin terkait kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di tengah situasi yang panas di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News