Azis: Rumah Sakit Jangan Offside Tetapkan Harga Vaksin

Azis: Rumah Sakit Jangan Offside Tetapkan Harga Vaksin
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamuddin menyesalkan maraknya kabar rumah sakit yang telah membuka pendaftaran dan menetapkan harga vaksinasi Covid-19.

Padahal, belum ada penetapan ketentuan vaksinasi maupun harga vaksin oleh pemerintah.

Azis mengimbau seluruh RS di Indonesia, masyarakat, dan pihak-pihak terkait, menunggu arahan pemerintah.

"Presiden Jokowi sudah menegaskan bahwa pemberian vaksin kepada masyarakat gratis. Pihak rumah sakit jangan offside, harap bersabar, tunggu regulasinya, tunggu arahan  dan keputusan pemerintah," kata Azis, Kamis (17/12).

Wakil ketua umum Partai Golkar itu mendesak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengoordinasikan RS agar tidak mencuri start sampai diterbitkannya peraturan resmi dari pemerintah.

Mantan ketua Komisi III DPR itu pun mendorong pemerintah dan Kemenkes untuk segera menerbitkan regulasi terkait program vaksinasi, guna menghindari komersialisasi dan masalah teknis di lapangan.

Menurutnya, peraturan tersebut harus dapat memastikan program vaksinasi berjalan lancar dan efektif untuk menuntaskan pandemi Covid-19, serta tidak menimbulkan benturan pihak-pihak terkait.

"Peraturan terkait vaksinasi harus mengatur secara detail mekanisme vaksinasi, harga vaksin, bagaimana ketentuan vaksin mandiri, bagaimana ketentuan vaksin subsidi," katanya.

Presiden Jokowi sudah menegaskan bahwa pemberian vaksin kepada masyarakat gratis. Pihak rumah sakit jangan offside.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News