Aziz Syamsuddin Dorong Penerapan Mitigasi Bencana dan Teknologi Peringatan Dini

Aziz Syamsuddin Dorong Penerapan Mitigasi Bencana dan Teknologi Peringatan Dini
Wakil Ketua DPR RI M Aziz Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI M Aziz Syamsuddin kembali menekankan mitigasi bencana sebagai poin penting yang perlu disikapi otoritas terkait. Langkah ini pun harus mulai diterapkan Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai antisipasi dini.

Kondisi tersebut, berkaca dari bencana alam yang terjadi di Nusa Tenggara Timur maupun musibah gempa di Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4).

Selain mitigasi bencana, Aziz berharap langkah ini diimbangi dengan sistem informasi peringatan dini bencana yang mudah diakses masyarakat khususnya di daerah pegunungan dan pesisir pantai.

"Mitigasi dan sistem peringatan dini yang mengedepankan teknologi digital sudah menjadi keharusan. Penerapan ini penting disosialisasi ke masyarakat," terang Aziz Syamsuddin, Minggu (11/4/2021).  

BMKG, sambung Aziz, telah melakukan riset pascabencana di Adonara. Masyarakat yang selamat dari musibah bencana, karena dapat informasi dari grup WhatsApp.

“Dari sini kita bisa belajar banyak bagaimana peringatan dini sampai ke tangan masyarakat,” imbuh Azis dalam keterangan tertulisnya.

Bencana yang menerpa Adonara maupun peristiwa yang terjadi di Kabupaten Malang membutuhkan perbaikan, waktu dan anggaran pemulihan yang tidak sedikit. 

“Di sisi lain, kita pun harus mampu menumbuhkan semangat dan harapan kepada saudara kita di sana, untuk segera bangkit dan melupakan musibah yang menghantam," ujar politisi Partai Golkar ini.

Aziz Syamsuddin kembali menekankan mitigasi bencana sebagai poin penting yang perlu disikapi otoritas terkait. Langkah ini pun harus mulai diterapkan Pemda sebagai antisipasi dini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News