Azis Syamsuddin Minta Kemendikbud Transparan Soal Dana BOS

Azis Syamsuddin Minta Kemendikbud Transparan Soal Dana BOS
Azis Syamsuddin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pemerintah melalui Kemendikbud dapat lebih transparan dan akuntabel terhadap informasi dan implementasi dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Azis menegaskan Kemendikbud harus melakukan perencanaan yang terstruktur dan matang, dalam menguatkan sistem pemantauan dana BOS 2021.

Oleh karena itu, Azis menyarankan Kemendikbud bersama Kemenkeu dan pemerintah daerah agar melakukan pendidikan dan latihan (diklat) kepada pihak sekolah mengenai prosedur pengelolaan dana BOS.

Selain itu, kata dia, juga bimbingan teknis mengenai pembuatan laporan keuangan dengan mengedepankan budaya transparansi dan akuntabilitas.

"Sehingga pihak sekolah memiliki kemampuan manajerial yang baik, khususnya dalam manajemen dan pengadministrasian keuangan," ungkapnya, Minggu.

Legislator Partai Golkar itu mendesak Kemendikbud bersama Kemenkominfo mendata daerah-daerah yang masih sulit atau belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan guna menciptakan pemerataan infrastruktur jaringan komunikasi dan memudahkan pengawasan publik terhadap implementasi dana BOS secara daring.

"Kemendikbud harus melakukan perencanaan evaluasi secara berkala mengenai kebutuhan dan pengelolaan dana BOS di setiap sekolah agar dapat diketahui kebutuhan yang ideal dari setiap sekolah terhadap dana BOS," tuntas Azis. (boy/jpnn)

DPR soroti transparansi dan akuntabilitas informasi serta implementasi dana BOS di Kemendikbud.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News