Baca! Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Dunia Maya

Baca! Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Dunia Maya
Baca! Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Dunia Maya

jpnn.com - JAKARTA - Dunia siber menjadi salah satu sarana untuk anak mencari tahu segala informasi. Namun, tanpa pengawasan dari orangtua, seorang anak rentan untuk menjadi korban pelecehan. 

Psikolog dari Yayasan Sejiwa, Diena Haryana menyatakan, orangtua memegang peranan penting terkait penggunaan media sosial oleh seorang anak. Ia membagi tips untuk melindungi anak di dunia siber.

Salah satu caranya adalah orangtua menjadi teman anak di media sosial. Kemudian, mengajarkan anak supaya tidak menyampaikan username, password, dan informasi pribadi kepada sembarang orang. 

Orangtua juga bisa meminta anaknya tidak merespon email dari orang yang tidak dikenal. "Tidak membuka attachment dari email yang tidak dikenal, bahkan delete saja," kata Diena dalam diskusi 'LGBT dan Pedofilia: Menyelamatkan Anak dari Eksploitasi Seksual' di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (21/2).

Ia menambahkan, orangtua bisa mengingatkan anak supaya tidak mudah lakukan perkenalan dengan orang yang tidak dikenal di dunia siber. "Berikan pemahaman kepada anak-anak ada yang perlu dicermati dalam dunia siber," ungkap Diena. (gil/jpnn)


JAKARTA - Dunia siber menjadi salah satu sarana untuk anak mencari tahu segala informasi. Namun, tanpa pengawasan dari orangtua, seorang anak rentan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News