Badan Panas, Liliyana Natsir Batal Ikut Japan Open 2018

Badan Panas, Liliyana Natsir Batal Ikut Japan Open 2018
Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad. Foto: Badminton Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Ganda campuran unggulan ketiga Japan Open 2018 Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir terpaksa menarik diri dari turnamen yang akan digelar di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, 11-16 September.

Pelatih kepala ganda Campuran PBSI Richard Mainaky menyebutkan, kondisi Liliyana alias Butet tak memungkinkan untuk bertanding di Tokyo.

Richard mengatakan, Liliyana tidak dalam kondisi seratus persen fit, sehingga ia memutuskan untuk mengistirahatkan pasangan ranking tiga dunia tersebut.

"Butet (Liliyana) saat ini tidak dalam kondisi fit untuk bertanding, tapi bukan cedera kok, kondisi lututnya tidak apa-apa. Dia sedang tidak enak badan, badannya panas," kata Richard di laman Badminton Indonesia.

Namun, Richard memperkirakan kondisi Tontowi/Liliyana akan pulih sebelum gelaran China Open 2018 yang akan dilangsungkan setelah Japan Open 2018. Hingga saat ini, Richard masih optimis keduanya tetap bisa berlaga di China Open.

"Mereka bisa bertanding di China Open 2018, mudah-mudahan recovery dan persiapannya bisa kami maksimalkan," tambah Richard.

Meski Butet absen, Tontowi tetap bertolak ke Tokyo untuk hadir memenuhi persyaratan dari BWF, sekaligus menghindari denda. Berdasarkan regulasi federasi bulutangkis dunia, pemain ranking 10 Besar dunia wajib untuk bertanding di turnamen level Super 750 dan level Super 1000. Kecuali, jika sedang cedera atau sakit. Oleh karena itu Tontowi tetap harus hadir.

"Iya, Tontowi akan ke Tokyo, kalau tidak bisa kena denda. Memang sudah peraturan dari BWF. Dari Jepang, dia akan langsung terbang ke Tiongkok," sebut Richard.

Dengan mundurnya Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad, Indonesia hanya menyisakan tiga ganda campuran di Japan Open 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News