Bagaimana Fraser Anning Terpilih Jadi Senator Australia

Bagaimana Fraser Anning Terpilih Jadi Senator Australia
Bagaimana Fraser Anning Terpilih Jadi Senator Australia

Ketika terjadi penembakan jamaah dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, Senator Australia Fraser Anning merilis pernyataan kontroversial. Dengan kop surat resmi parlemen, dia menghubungkan pendatang Muslim dengan terorisme.

Siapa Senator Fraser Anning:

  • Dia masuk ke Senat dari Partai One Nation dengan perolehan 19 suara, tapi keluar dari parpol itu dan jadi anggota independen
  • Pandangan politiknya sangat menentang imigrasi Muslim ke Australia
  • Anggota parlemen Australia, baik DPR maupun Senat, tak bisa dipecat hanya gara-gara penyataan menghasut

Para politisi dari pemerintah maupun oposisi langsung mengecam keras sikap Anning ini, menyebutnya sama sekali tidak mewakili sikap resmi pemerintah Australia.

Anning datang ke suatu acara politik di Melbourne, selang sehari setelah penembakan yang kini menelan korban 50 jiwa dan 12 masih mendapat perawatan serius di rumahsakit.

Di situ, seorang remaja usia 17 tahun mengepruk telur ke kepala si senator - membuatnya kini dikenal di seluruh dunia sebagai Egg Boy.

Seusai dikepruk telur itu, Senator Anning kemudian menghadiri pameran senjata api di Kota Ipswich pada hari Minggu.

Dia menegaskan, tak ada yang kurang pantas jika dirinya menghadiri pameran senjata tak lama setelah terjadi penembakan massal.

Dalam jumpa pers hari Senin (18/3/2019) Senator Anning bersikukuh dengan pernyataannya. "Saya kira tak bisa disebut ujaran kebencian jika saya hanya menyampaikan fakta," ujarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News