Bagi Warga yang Akan Berkunjung ke Surabaya saat Liburan Akhir Tahun, Silakan Baca Syarat Ini Dulu

Bagi Warga yang Akan Berkunjung ke Surabaya saat Liburan Akhir Tahun, Silakan Baca Syarat Ini Dulu
Operasi penegakan protokol kesehatan di Taman Apsari Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (19/9) malam hingga Minggu dini hari (20/9). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Pemkot Surabaya akan menyaring warga luar kota yang akan masuk Surabaya pada malam pergantian tahun baru 2021.

Ini dilakukan pemkot untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di Kota Surabaya.

"Bukan penutupan total, tapi kami filter. Dinas kesehatan (dinkes) sudah siap, "ujar Plt Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana.

Menurut dia, Pemkot Surabaya akan membuka posko di delapan titik masuk Surabaya. Akan ada posko untuk rapid test atau swab test massal.

Mengingat ada delapan daerah di Jatim yang masuk zona merah dan berbatasan langsung dengan Surabaya.

Yakni Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kota Malang, Kota Batu.

"Jadi bagi warga Surabaya yang masuk dari luar kota akan kami swab test. Sementara bagi warga luar Surabaya yang tak ada kepentingan khusus atau bekerja di Surabaya kami arahkan untuk kembali. Tapi yang memang harus kerja malam mereka diperbolehkan masuk tapi akan diswab test di tempat, tandas WS, panggilan Whisnu Sakti Buana.

Lebih dari itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya juga telah melakukan sosialisasi lewat camat. Bahkan, camat juga diinstruksikan mendata warganya lewat RT/RW bagi yang liburan akhir tahun atau liburan natal kemarin.

Pemkot Surabaya akan melakulan operasi besar-besaran pada malam pergantian tahun baru nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News