Bahas Kemandirian Industri Pertahanan, Dave Laksono Raih Gelar Doktor dari Unhan

Bahas Kemandirian Industri Pertahanan, Dave Laksono Raih Gelar Doktor dari Unhan
Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Fikarno Laksono (tengah) di Universitas Pertahanan, Kamis (4/1). Dokumen Kosgoro 1957

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Fikarno Laksono meraih gelar doktor ilmu pertahanan dengan predikat cum laude dari Unhan.

Adapun, Dave dalam sidang terbuka di Unhan pada Kamis (4/1) ini mengangkat disertasi Kerja sama dan Kemandirian Industri Pertahanan dalam mendukung Produk Domestik Bruto Sebagai Upaya Pertahanan Negara.

Dave dalam disertasinya menyebutkan perlu optimalisasi perumusan kebijakan Kemenhan dan DPR RI dalam kerja sama industri pertahanan. 

"Selain itu, Kemenhan, KKIP, DPR RI, dan Defend Id perlu berkoordinasi aktif untuk menyukseskan kebijakan yang telah dirumuskan sekaligus melakukan evaluasi lanjutan," kata anggota Komisi I DPR RI itu dalam sidang terbuka, Kamis (4/1).

Dave mengatakan KKIP dan industri pertahanan perlu meningkatkan material and kapasitas transfer, kemampuan MRO, serta komitmen pelaksanaan TKDN. 

"Hal tersebut juga tidak terlepas dari peran DPR RI melalui pembentukan regulasi dan roadmap anggaran guna mendukung penyelenggaraan industri pertahanan ke arah kemandirian," ujar politikus Golkar itu.

Dave dalam disertasinya juga membahas pemerintah perlu menempuh berbagai upaya agar negara bisa mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Beberapa di antaranya dengan pembangunan infrastruktur, penguatan kapasitas SDM, pengencangan riset dan inovasi, pengembangan bisnis, pembenahan kebijakan dan regulasi, serta peningkatan investasi dan sumber pembiayaan. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektig(PPK) Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Fikarno Laksono meraih gelar doktor dari Universitas Pertahanan (Unhan)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News