Bahaya Ibu Perokok Bagi Janin

Bahaya Ibu Perokok Bagi Janin
Ilustrasi

jpnn.com - JANGANKAN pada janin, rokok dapat memberikan dampak yang begitu buruk pada tubuh manusia dewasa. Itulah mengapa para ibu hamil sangat disarankan untuk tidak merokok selama masa kehamilan. Jika tidak, anaknya kelak akan cenderung lebih moody dan tertekan dibandingkan teman-teman sebayanya.

 

Hal ini dikemukakan sebuah studi dari Belanda. Garis besarnya studi ini menyimpulkan bahwa kebiasaan merokok selama masa kehamilan memiliki efek jangka panjang terhadap kesehatan mental si anak di masa depan, meski sebagian besar anak tumbuh dengan sehat.

 

Untuk memastikannya, Dr. Hanan El Marroun dan rekan-rekannya dari Erasmus Medical Centre, Rotterdam, mengamati fungsi otak dan emosi 113 anak berusia antara 6 hingga 8 tahun, yang ibunya merokok sebanyak 1 hingga 9 batang tiap harinya selama 9 bulan kehamilan. 17 Orang di antaranya berhenti merokok ketika tahu mereka tengah mengandung si buah hati, sedangkan 96 lainnya acuh tak acuh dan terus melanjutkan kebiasaan buruk mereka.

Hasilnya pun dibandingkan dengan kelompok kontrol yang terdiri atas 113 anak yang tak terpapar rokok sama sekali ketika berada dalam kandungan. Ternyata anak-anak yang ibunya perokok aktif dan masih ngeyel melakukan kebiasaan buruknya terbukti memiliki otak yang lebih kecil, terutama pada white matter dan grey matter-nya.

Anak-anak ini juga lebih cenderung mengalami gangguan emosional, seperi gejala depresi dan kegelisahan. Kondisi ini didukung dengan bukti berupa bagian otak anak yang ibunya merokok, yaitu superior frontal cortex-nya yang terlihat lebih kecil dari ukuran normal. Padahal ini adalah bagian otak yang berfungsi mengendalikan mood seseorang.

Sebaliknya, perkembangan otak anak-anak yang ibunya rela berhenti merokok ketika mengandung terlihat lancar-lancar saja dan tak menemui gangguan seperti halnya anak-anak yang ibunya masih merokok.

JANGANKAN pada janin, rokok dapat memberikan dampak yang begitu buruk pada tubuh manusia dewasa. Itulah mengapa para ibu hamil sangat disarankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News