Baku Tembak, KKB Langsung Bakar Anggota yang Tewas

Baku Tembak, KKB Langsung Bakar Anggota yang Tewas
Sejumlah prajurit Batalyon 756/Wimane Sili mendengarkan arahan sebelum diterbangkan ke Distrik Mbua, Kabupaten Nduga. Foto: Denny/Cendrawasih Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - KKB (kelompok kriminal bersenjata), Selasa pagi (11/12) menyerang Pos TNI yang baru dibentuk di Distrik Yigi pascatragedi pembunuhan terhadap puluhan pekerja PT Istaka Karya.

Akibat serangan tersebut, dilaporkan dua orang prajurit TNI mengalami luka tembak. Yakni Pratu Budi mengalami luka tembak di bahu dan Praka Aswad mengalami luka ringan di pelipis terkena rekoset peluru.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf. Muhammad Aidi membenarkan adanya serangan terhadap Pos TNI di Distrik Yigi yang dilakukan KKB.

“Arah serangan dari arah barat dari atas ketinggian dengan jarak sekitar 500-600 meter dari Pos TNI. Kondisi medan, rimbun tertutup pohon-pohonan. Anggota TNI yang ada di pos berusaha membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak,” jelas Aidi.

Mendapat serangan, prajurit TNI yang ada di pos tidak lari meninggalkan pos. Anggota menurutnya berbagi tugas yaitu separuh kekuatan berusaha melakukan pengejaran ke arah datangnya serangan yang dipimpin langsung oleh Komandan Pos, Lettu Inf. Ardan dan sisanya mengamankan pos.

“Usai melakukan serangan, anggota KKSB melarikan diri secara terpencar masuk hutan dan sesekali melancarkan serangan. Namun pasukan tetap melakukan pengejaran dengan memanfaatkan jejak KKSB yang ditemukan,” bebernya.

Untuk dua prajurit TNI yang terluka kata Aidi, langsung dievakuasi melalui jalur darat ke Distrik Mbua. Selanjutanya dari Distrik Mbua, kedua prajurit tersebut dievakuasi ke Wamena menggunakan helikopter.

Aidi menyebutkan, belum diketahui dari pihak KKSB apakah ada jatuh korban atau tidak. Karena jarak yang cukup jauh dengan kondisi medan ekstrem dan tertutup. Namun saat kontak tembak, prajurit berusaha membalas tembakan secara terarah dan terbidik.

Terjadi baku tembak antara personel TNI dengan anggota KKB (kelompok kriminal bersenjata) di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News