Balas Budi Australia, Kumpulkan Batu Akik, Uang Koin. Apa Lagi ya?

Balas Budi Australia, Kumpulkan Batu Akik, Uang Koin. Apa Lagi ya?
Batu akik incocrase dari daerah Aceh. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Bukan hanya warga Aceh yang tersinggung dengan pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang meminta pemerintah Indonesia mengenang jasa-saja mereka saat menjalankan program kemanusiaan pascagempa dan tsunami di Bumi Serambi Mekah itu.

Pernyataan Abbott itu terkait nasib dua warga Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, yang masuk daftar eksekusi terpidana mati.

Jika warga Acech terutama keluarga korban tsunami menggalang pengumpulan batu giok atau batu akik untuk membalas budi bagi Australia, sejumlah warga di Jakarta megumpulkan koin.

Aksi yang diberi nama Coin for Australia, yang dilakukan Koalisi Pro-Indonesia di kawawan Bundaran HI Jakarta, Minggu (22/2), mendapat respon tinggi dari warga ibukota.

"Jangan mau harga diri kita ditawar oleh Tony Abbott," tutur koordinator aksi Andi Sinulingga di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (22/2).

Koin-koin yang terkumpul nantinya digunakan untuk membayar atas komentar Abbott yang menyinggung bangsa Indonesia. Ungkapan bantuan Australia terkait tragedi tsunami Aceh dinilai sangat melukai perasaan Indonesia.

Sementara, Gerakan Pejuang Rumah Korban Tsunami (GPRS) Meulaboh juga melakukan pengumpulan batu giok atau batu akik untuk membalas budi bagi Australia.

Hal ini seperti diungkapkan Koordinator GPRS Meulaboh Edi Candra (43) warga Desa Ujung Baroh, Johan Pahlawan, Aceh Barat.

JAKARTA - Bukan hanya warga Aceh yang tersinggung dengan pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang meminta pemerintah Indonesia mengenang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News