Bali Tuan Rumah Ajang Asian Animation Summit

Bali Tuan Rumah Ajang Asian Animation Summit
Bali terpilih sebagai tuan rumah Asian Animation Summit pada 2020 dan 2021. ILUSTRASI. Foto: Humas Kemenparekrat

jpnn.com, JAKARTA - Bali terpilih sebagai tuan rumah Asian Animation Summit pada 2020 dan 2021. Ajang bergengsi tersebut akan menampilkan proyek animasi terkuat di Asia yang bisa mendatangkan investor.

Deputi Akses Permodalan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fadjar Hutomo di Jakarta, Senin (25/11/2019) mengatakan, terpilihnya Bali sebagai tuan rumah Asian Animation Summit secara resmi setelah Kidscreen dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menandatangani perjanjian Bali sebagai tuan rumah.

“Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi ini. Kami berencana untuk mempromosikan industri animasi Indonesia, secara global, dan momen ini akan menjadi saat yang tepat,” tuturnya.

Dua tahun terakhir, event ini berlangsung di Seoul, Korea Selatan, dan Brisbane, Australia. Sekitar 50 persen dari proyek yang memulai debutnya di Asian Animation Summit, telah masuk ke produksi. Seperti Bluey yang diambil oleh Disney. Selain itu juga Bottersnikes & Gumbles (2012), Kuu Kuu Harajuku (2013), Wonderballs (2012), dan Balloon Barnyard (2014).

Tahun ini, terdapat 25 proyek animasi baru yang mencari mitra dan pendanaan. Proyek-proyek itu datang dari Korea, Malaysia, Australia, Thailand, dan Indonesia.

“Kami berharap dapat menjadikan ajang Asian Animation Summit lebih besar dan menjadi daya tarik bagi calon pesertanya. Kami memiliki bakat animasi, dan kami juga memiliki fasilitas seperti studio yang dapat dikunjungi peserta," tutur Fadjar.

Fadjar mengatakan pemilihan Bali sebagai tuan rumah sangat tepat. "Bali adalah surga bagi wisatawan dan sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan internasional. Bali juga sudah mempunyai pengalaman menjadi tuan rumah MICE tingkat dunia," katanya.

Lebih dari itu, Fadjar pun yakin Bali bisa memberikan inspirasi kepada para peserta Asian Animation Summit.

Bali terpilih sebagai tuan rumah Asian Animation Summit pada 2020 dan 2021. Ajang bergengsi tersebut akan menampilkan proyek animasi terkuat di Asia yang bisa mendatangkan investor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News