Bamsoet Dorong DPR Rapat Gabungan Bahas Gempa Lombok

Bamsoet Dorong DPR Rapat Gabungan Bahas Gempa Lombok
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan duka cita dan rasa keprihatinan yang mendalam terutama bagi korban yang meninggal dan terluka akibat gempa bumi bermagnitudo 7 SR di Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8). "Bagi keluarga korban, untuk bersabar menerima musibah ini," kata Bambang, Senin (6/8).

Gempa NTB berdampak ke Bali dan beberapa daerah di Jawa Timur. Lindu tersebut telah mengakibatkan 91 orang meninggal dunia yang sebagian besar dikarenakan tertimpa bangunan yang roboh, ratusan luka-luka, dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Bamsoet mendorong Komisi I, II, III, V, VII, VIII dan IX DPR untuk melakukan rapat gabungan bersama kementerian dan badan terkait untuk membahas mitigasi bencana. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana.

Bamsoet juga mendorong Komisi V DPR meminta Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memberikan penjelasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan cara apakah lembaga tersebut telah memberikan informasi secara akurat.

"Hal ini agar apabila terjadi bencana alam maka informasi yang diberikan dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa maupun luka," ungkapnya.

Legislator Partai Golkar itu juga mendorong Komisi V DPR meminta BMKG melakukan pengkajian serta pengecekan terhadap kondisi alat-alat pemantau cuaca dan bencana alam, apakah berfungsi sebagaimana mestinya untuk menyampaikan peringatan dini (early warning system) kepada masyarakat.

Dia juga mendorong Komisi V DPR dan Komisi VIII DPR meminta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) untuk bersinergi dengan BMKG bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) didampingi Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera melakukan pertolongan dan pencarian bagi korban yang belum ditemukan.

Selain itu, kata dia, juga memberikan bantuan kesehatan, pangan, pakaian, dan kebutuhan lainnya, serta memperhitungkan kerugian yang ditimbulkan akibat gempa.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong segera digekar rapat gabungan untuk membahas seputar bencana gempa Lombok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News