Bamsoet Dukung Pengembangan Techno Park Pelalawan

Bamsoet Dukung Pengembangan Techno Park Pelalawan
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat menerima Bupati Kabupaten Pelalawan, H.M. Harris dan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Senin (18/3). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik pengembangan kawasan techno park di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Selain berfungsi sebagai pusat keunggulan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah dengan swasta dan perguruan tinggi, pengembangan techno park juga bisa meningkatkan daya saing Indonesia di kancah dunia.

"Tidak selamanya perekonomian bergantung kepada eksplorasi sumber daya alam. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) juga harus diselaraskan agar pembangunan berbasis sumber daya alam juga fokus kepada keberlanjutan," ujar Bamsoet saat menerima Bupati Kabupaten Pelalawan, H.M. Harris dan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Senin (18/3).

Beberapa pejabat pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan yang hadir antara lain Kepala BAPPEDA Syahrul Syarif Kepala Dishub Syafruddin Plt Kepala Dinas Kominfo Hendry Gunawan, Kepala Dinas PUPR Hasan Tua Tanjung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syamsul Anwar dan Kepala Dinas KUKM dan Perindag Fakhrizal.

Dalam pertemuan tersebut, bupati Pelalawan menjelaskan keberadaan Pelalawan Techno Park seluas 3.574 hektare, sebagai 1 dari 5 techno park percontohan dan terluas di Indonesia. 

Dibangun oleh Pemerintah Daerah Pelalawan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pelalawan Techno Park akan fokus pada hilirisasi kelapa sawit Indonesia sehingga diarahkan menjadi Palm Oil Valley Indonesia.

"Semangat ini juga sebagai bagian mengembangkan industri berbasis berkelanjutan. Besarnya potensi kelapa sawit di Indonesia dengan turunannya yang diperkirakan mencapai 305 lebih produk, bisa dikembangkan lebih lanjut di Pelalawan Techo Park. Seperti pengolahan limbah cair sawit menjadi alga, sehingga bisa memberikan dampak ganda bagi perekonomian lokal dan petani sawit," tutur Bupati Pelalawan, H.M. Harris.

Dia menuturkan, dari tujuh zona yang direncanakan terdapat di Pelalawan Techno Park, 3 zona di antaranya sudah berjalan.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik pengembangan kawasan techno park di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News