Bamsoet Merespons Empat Isu Aktual Termasuk Rencana Penerapan New Normal

Bamsoet Merespons Empat Isu Aktual Termasuk Rencana Penerapan New Normal
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet memberikan tanggapan terhadap empat isu aktual hari ini, Rabu (27/5).

Keempat isu tersebut yakni persiapan penerapan new normal dengan mengerahkan personel TNI dan Polri, pengoperasian kereta rel listrik (KRL), pengamanan perairan Natuna, dan penangkatan terduga teoris di Solo, Jawa Tengah.

Terkait rencana penerapan new normal, Bamsoet menyoroti 25 daerah di empat provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Gorontalo yang akan mulai bersiap menerapkan 'new normal', sehingga dikerahkan 340.000 TNI/Polri yang akan bertugas di 25 daerah tersebut.

Sehubungan dengan itu, Bamsoet mendorong pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah/Pemda dari 25 daerah tersebut melakukan kajian mendalam untuk memastikan tiga aspek utama dari kesehatan masyarakat di setiap daerah tersebut sudah memenuhi syarat. Yaitu dari sisi epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat setempat, dan pelayanan kesehatan.

Bamsoet juga meminta masyarakat agar menaati protokol kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyebaran virus corona. Termasuk selalu menjaga kesehatan fisik dan kesehatan pikiran dengan kreatif melakukan hal-hal yang positif walau hanya di rumah saja.

Mantan Ketua DPR RI ini mendorong pemerintah daerah yang belum dapat menerapkan 'new normal' untuk mengevaluasi dan melakukan upaya yang dapat memenuhi tiga aspek tersebut di daerah masing-masing, agar daerah yang belum menerapkan dapat juga segera menerapkan 'new normal'.

“Ini perlu keserentakan dan aturan yang komprehensif agar seluruh upaya yang dilakukan untuk pencegahan virus corona dapat berjalan optimal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bamsoet mendorong pemerintah pusat menyosialisasikan persiapan 'new normal' kepada Pemda secara maksimal, agar seluruh daerah, baik Pemda maupun masyarakatnya dapat memahami cara bekerja atau cara bersosialisasi dalam 'new normal' dan menerapkannya secara disiplin.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet memberikan tanggapan terhadap empat isu aktual hari ini, Rabu (27/5), di antaranya terkait rencana penerapan new normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News