Bandara Adi Soemarmo Dikembangkan Jadi Airport City

Bandara Adi Soemarmo Dikembangkan Jadi Airport City
Ilustrasi. Pesawat yang sedang parkir di bandara. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan secara bertahap merealisasikan Bandara Adi Soemarmo Solo sebagai Airport City.

Airport city atau Kota Bandara adalah sebuah tempat yang berkembang dengan aneka macam bisnis serta kegiatan. Tidak hanya melayani penerbangan, tapi lebih kompleks lagi.

Yaitu menjadikan bandara sebagai anker bisnis yang dilengkapi berbagai kegiatan layaknya sebuah kota.

Menteri Perhubungan Budi Karya melalui siaran persnya, Jumat (7/4) menyebutkan, pembangunan airport city di Bandara Adi Soemarmo Solo dimungkinkan karena ini akan dikembangkan menjadi salah satu hub penerbangan di Indonesia.

Selain itu, kota Solo juga sedang berkembang pesat, baik dari sisi perekonomian mau pun wisata.

“Bandara Adi Soemarmo akan menjadi salah satu bandara hub di Jawa sehingga Solo menjadi pusat di mana kota-kota besar di Indonesia bagian timur atau barat. Misalnya Ambon, Manado, Medan, Padang bisa langsung ke Solo,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, untuk mengembangkan airport city di Solo, salah satunya melalui pembangunan kereta bandara.

Ini untuk menghubungkan Bandara Adi Soemarmo menuju Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang hanya berjarak 50 km.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan secara bertahap merealisasikan Bandara Adi Soemarmo Solo sebagai Airport

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News